Konflik Suriah dan Fed Minutes Berhasil Turunkan Harga Emas

JAVAFX – Konflik Suriah dan Fed minutes berhasil turunkan harga emas pada perdagangan sore hari ini di mana investor masih lebih khawatir bahwa suku bunga the Fed bisa naik secara agresif di tahun ini.

Hal ini membuat harga emas kontrak Juni di bursa berjangka New York Mercantile Exchange divisi Comex sementara melemah $5,70 atau 0,42% di level $1351,30 per troy ounce. Harga perak untuk sementara tertekan setelah konflik AS dengan China ini akan mereda dan diembargonya perusahaan alumunium Rusia oleh AS.

Laporan dari pusat kontrol lalu lintas udara Eropa, Eurocontrol kemarin menyatakan bahwa segala bentuk rudal serta pesawat terbang militer Sekutu dalam waktu 72 jam ke depan sudah siap siaga untuk diluncurkan menggempur Suriah. Kondisi ini membuat investor was-was terhadap ketegangan geopolitik di kawasan tersebut, di mana kekhawatiran perang terbuka antara AS dengan Rusia bisa saja terjadi. Tentunya kondisi seperti ini bisa diartikan sebagai waktunya pengamanan aset-asetnya.

Presiden Trump sendiri sudah bertemu dengan Menteri Pertahanan AS John Mattis untuk membahas rancangan serangan militer ke Suriah. AS sejauh ini sudah mendapatkan dukungannya dari Inggris. Namun Presiden Rusia Vladimir Putin ingin agar AS tidak ikut campur dalam masalah pemberontakan di Suriah tersebut. Dewan Keamanan PBB pun belum memberikan lampu hijau bagi AS dan NATO untuk melakukan serangan tersebut.

Tentunya hal ini membuat investor sedang harap-harap cemas dengan keberlanjutan naik tidaknya harga emas itu sendiri. Bila serangan itu ada, maka emas bisa mendekati level tertinggi 11 pekannya.

Sebetulnya sejak Fed minutes dini hari tadi dirilis, hingga sekarang kondisi harga emas terus mengalami tekanannya. Hal ini disebabkan oleh keinginan the Fed bahwa suku bunganya masih bisa naik secara agresif di tahun ini, mengingat kondisi daya beli konsumennya serta lapangan kerja di AS makin lama makin ketat.

Proyeksi pertumbuhan AS juga naik menurut the Fed kali ini, demikian pula tingkat penganggurannya, diperkirakan pada tahun ini bisa di bawah angka 4%. Sebuah kondisi yang bagus untuk ukuran negara maju. Situasi seperti inilah yang membuat emas mundur sejenak harganya.

Penulis: Adhi Gunadhi
Sumber berita: Reuters, Investing, Kitco, Bloomberg, BBC
Sumber gambar: Reuters

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.