Konsolidasi Dolar Tekan Yen Jelang EU Summit

JAVAFX – Konsolidasi dolar tekan yen jelang EU Summit pada perdagangan pasar uang Asia Pasifik hingga jelang siang hari ini, di mana kondisi ini merupakan perwujudan dari kondisi sebelumnya dengan keinginan pasar yang masih ingin menguatkan mata uang AS tersebut.

Melihat pada perdagangan sebelumnya, pergerakan dolar AS mengalami tekanannya dari mata uang utama dunia lainnya, sehingga hal ini mengakibatkan EURUSD ditutup melemah di level 1,1574, GBPUSD ditutup menguat di level 1,3176, AUDUSD ditutup menguat di level 0,7140 dan USDJPY ditutup menguat di level 112,24.
Dan untuk sementara di siang ini, EURUSD bergerak di level 1,1603, GBPUSD bergerak di level 1,3232, AUDUSD di level 0,7125 dan yen di level 112,33.

Kondisi yen sempat melemah terhadap dolar AS setelah gejolak perang dagang sedikit mereda pasca Kanada sepakati dagang dengan AS dan revisi anggaran belanja Italia membuat aksi safe haven dolar menggelora. Namun sejak akhir pekan lalu, yen terus menguat terhadap dolar karena efek buruknya data pekerja AS serta aksi bank sentral China yang mengeluarkan paket bantuan ekonominya sehingga menimbulkan aksi safe haven termasuk safe haven ke yen. Yen sendiri terus menguat dan menjauh dari level terburuk 11.

Pernyataan ketua the Fed Jerome Powell bahwa suku bunga Fed bisa naik karena ekonomi AS sangat kuat, kondisi ini makin memantapkan keinginan investor untuk memiliki aset berlatar belakang asal AS waktu itu. Yen sendiri sempat terkoreksi dengan melemah menyentuh level terlemahnya sejak 2011 atau sesaat seperti gempa Jepang 2011.

Namun efek perang tarif sebelumnya sudah terasa sejak data survei tankan bulan lalu yang mengalami penurunan. Dan Presiden Trump kembali menuduh bahwa jatuhnya pasar saham dunia di pekan ini disebabkan oleh keinginan bank sentral AS yang menaikkan suku bunganya. Situasi kepanikan di pasar saham membuat aksi melepas dolar cukup besar terjadi sehingga dolar sendiri mengalami koreksi. Namun seiring kembali membaiknya pasar saham dunia, disitulah buyback dolar kembali muncul dimana fungsi dolar sebagai mata uang paling aman berfungsi lagi.

Perundingan Brexit akan ditentukan pada hari ini, dimana ini bisa menjadi meomentum mengoleksi euro dan pound lebih besar atau mulai melepasnya. Pertemuan Uni Eropa malam ini akan menentukan apakah Inggris akan mudah mendapatkan kebebasannya ataukah malah lebih sulit, sehingga momentum pound dan euro berbalik memang nanti sore.
Yen sendiri belum bergerak banyak karena investor sedang menantikan hasil paparan dari notulen Fed meeting 2 pekan lalu.
(Sumber: Analis JAVAFX)
Author : Adhi Gunadhi

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.