Krisis Lira Picu Pelemahan Euro, Dolar Dan Yen Menguat

JAVAFX – Krisis yang terjadi pada mata uang Turki telah menyeret mata uang tunggal euro ikut anjlok. Mata uang Turki Lira mengalami penurunan tajam pada hari Jumat lalu yang di sebabkan oleh sangsi ekonomi AS yang di jatuhkan Presiden Donald Trump. AS memberlakukan sanksi dan menggandakan tarif pada baja dan aluminium Turki pada hari Jumat hingga 50% dan 20% masing-masing.

Hal tersebut menjadi factor melemahnya mata uang Lira hingga 30 persen sejak awal tahun ini. anjloknya Lira memicu pelemahan euro karena para investor lhawatir krisis di Turki dapat merembet ke Eropa. EURUSD turun ke level terendah sejak Juli 2017 di level 1.13700 pada hari Senin pagi.

Pelemahan mata uang tunggal euro memberikan dukungan untuk rivalnya, dolar AS sehingga melesat naik kelevel tertinggi baru tahun ini. Indeks dolar AS (DXY) Senin pagi menyentuh level 96.48. Selain dolar, imbas dari pelemahan euro juga berdampak pada yen Jepang. Mata uang yen menjadi safe haven ditengah krisis ekonomi di Turki, dan para investor sebagian besar beralih ke yen dan dolar AS.

USDJPY Senin pagi bergerak turun ke level 110.130 dari level 110.450 diawal pembukaan perdagangan.

Analis JAVAFX

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Dolar AS Melemah, Emas Siap Lakukan Sprint Ke 1900

JAVAFX - Laju kenaikan lanjutan Emas kini mengincar harga $1900 per troy ons karena pantulan dolar AS memudar setelah data NFP yang dirilis pada...

Minyak Masih Miliki Ruang Harga Naik Tahun Ini

JAVAFX - Manajer keuangan semakin yakin bahwa harga minyak memiliki ruang untuk naik tahun ini, berkat ekspektasi pemulihan ekonomi yang kuat dan meningkatnya permintaan...

Neraca Perdagangan Cina Kembali Mengesankan Di April

Sektor perdagangan China kembali bukukan performa mengesankan pada April, dengan sektor ekspor tak disangka mencatat kenaikan sementara impor mencapai level tertinggi satu dekade. Sehingga, mendorong pereekonomian terbesar kedua di dunia itu.

Iran Siap Kerja Sama Dengan IAEA, Harga Minyak Makin Kuat

JAVAFX - Presiden Iran mengatakan bangsa mereka mungkin mempertimbangkan untuk memperluas kerjasama dengan the International Atomic Energy Agency (Badan Energi Atom Internasional ) untuk...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502