Kudeta militer di Sudan, Malaysia amankan kompleks Petronas

Kementerian Luar Negeri Malaysia menyatakan akan melindungi kompleks Petronas di Sudan menyusul terjadinya kudeta militer di negara tersebut.

“Kementerian Luar Negeri sedang memantau secara dekat perkembangan di Sudan, berikut laporan pengambilalihan pemerintahan oleh pihak tentara di sana,” ujar pernyataan Kemenlu Malaysia di Putrajaya, Selasa.

Menurut Kedutaan Besar Malaysia di Khartoum, 42 warga Malaysia, termasuk 27 pelajar, dilaporkan berada dalam keadaan selamat.

“Pegawai-pegawai kedutaan senantiasa berhubungan secara dekat dengan mereka,” kata kedubes.

Kemenlu mengatakan akan terus berusaha melindungi semua kepentingan Malaysia di Sudan, termasuk Petronas Sudan Compleks yang ikut ditempati Kedubes Malaysia, badan-badan PBB dan lembaga-lembaga internasional.

Kuasa Usaha Sudan telah dipanggil oleh Kemenlu Malaysia petang ini terkait kekhawatiran terhadap keselamatan warga Malaysia di Sudan.

Sebelumnya pemerintah Malaysia merasa mengkhawatirkan isu penyitaan aset milik Petronas, termasuk Petronas Sudan Complex, di Khartoum oleh pemerintah transisi karena dianggap diperoleh secara ilegal dari pemerintahan sebelumnya.

Sejak munculnya isu tersebut pada Desember 2020, Kemenlu Malaysia telah bekerja sama dengan Petronas dan Kedubes Malaysia di Khartoum untuk menangani isu tersebut.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.