Laporan Keputusan Kebijakan Moneter, ECB 7 Maret 2019

Berikut laporan hasil pertemuan bank sentral Eropa yang dilansir dari laman www.ecb.europa.au

Pada pertemuan hari ini Dewan Pengurus Bank Sentral Eropa (ECB) mengambil keputusan kebijakan moneter berikut:

Gold Trading

(1) Suku bunga pada operasi refinancing utama dan suku bunga pada fasilitas pinjaman marjinal dan fasilitas deposito akan tetap tidak berubah masing-masing sebesar 0,00%, 0,25% dan -0,40%. Dewan sekarang mengharapkan suku bunga utama ECB tetap pada level mereka saat ini setidaknya sampai akhir 2019, dan dalam kasus apa pun selama diperlukan untuk memastikan berlanjutnya konvergensi inflasi ke tingkat yang di bawah, tetapi mendekati , 2% dalam jangka menengah.

(2) Dewan Pengatur bermaksud untuk terus menginvestasikan kembali, secara penuh, pembayaran pokok dari sekuritas yang jatuh tempo yang dibeli di bawah program pembelian aset untuk periode waktu yang lama setelah tanggal ketika ia mulai menaikkan suku bunga ECB utama, dan dalam hal apa pun untuk selama diperlukan untuk mempertahankan kondisi likuiditas yang menguntungkan dan tingkat akomodasi moneter yang memadai.

(3) Serangkaian baru operasi refinancing jangka panjang yang ditargetkan secara triwulanan (TLTRO-III) akan diluncurkan, dimulai pada September 2019 dan berakhir pada Maret 2021, masing-masing dengan jangka waktu dua tahun. Operasi baru ini akan membantu menjaga kondisi pinjaman bank yang menguntungkan dan kelancaran transmisi kebijakan moneter. Berdasarkan TLTRO-III, rekanan akan berhak untuk meminjam hingga 30% dari stok pinjaman yang memenuhi syarat pada tanggal 28 Februari 2019 pada tingkat yang diindeks dengan tingkat bunga pada operasi refinancing utama selama umur masing-masing operasi. Seperti program TLTRO yang beredar, TLTRO-III akan menampilkan insentif bawaan agar kondisi kredit tetap menguntungkan. Rincian lebih lanjut tentang ketentuan yang tepat dari TLTRO-III akan dikomunikasikan pada waktunya.

(4) Operasi peminjaman Eurosystem akan terus dilakukan sebagai prosedur tender suku bunga tetap dengan penjatahan penuh selama diperlukan, dan setidaknya sampai akhir periode pemeliharaan cadangan mulai Maret 2021.