Main Aman, Investor Dan Pialang Sama-sama Menunggu FOMC

JAVAFX – Pertemuan FOMC untuk November akan berakhir Kamis dinihari. Hal terpenting dalam peristiwa ini adalah segala pernyataan dari Ketua Federal Reserve, Jerome Powell yang akan disampaikan dalam jumpa pers sebagai hal paling menarik perhatian. Pernyataan dia akan berisi informasi tentang kapan Federal Reserve akan mulai mengurangi pembelian aset bulanan senilai $120 miliar. Konferensi pers akan mengklarifikasi setiap ambiguitas yang ditemukan dalam pernyataan itu sendiri.

Diyakini, salah satu hasil FOMC adalah mengumumkan permulaan tapering. Sebelumnya, mereka telah menetapkan bahwa pengurangan akan dilakukan dengan mengurangi pembelian aset sebesar $15 miliar setiap bulan. Pengurangan akan terdiri dari $10 miliar obligasi AS dan $5 miliar MBS. Karena Federal Reserve telah membeli $80 miliar setiap bulan instrumen utang AS, dibutuhkan total delapan bulan untuk menyelesaikan proses tapering.

Artinya, jika mereka mulai tapering pada November, mereka tidak akan menyelesaikan proses tapering hingga Juni 2022. Penting juga untuk dicatat bahwa mereka tidak akan mulai lepas landas sampai mereka menyelesaikan tapering.

Tetapi pertanyaan sebenarnya menjadi, apakah kenaikan inflasi saat ini bersifat sementara? Kenaikan inflasi telah mencapai level tertinggi sejak 2008, dengan IHK (Indeks Harga Konsumen) saat ini tetap di 5,3% per 30 September 2021. Sementara tingkat inflasi saat ini lebih rendah dari 6,5% yang dilaporkan pada Juni. 30, 2021, masih sangat tinggi. Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) saat ini ditetapkan pada 4,4% per September 2021. Ini adalah indeks pilihan yang digunakan Federal Reserve; itu menghilangkan biaya energi dan makanan. Terlepas dari indeks inflasi mana yang Anda lihat, kita berada pada level yang tidak terlihat dalam dekade terakhir.

Bersamaan dengan itu, PDB untuk kuartal ketiga 2021 berada di 2%. Dibandingkan dengan kuartal kedua tahun 2021 sebesar 6,7%, tidak ada keraguan bahwa kita telah melihat kontraksi ekonomi yang luar biasa di Amerika Serikat. Federal Reserve telah mempertahankan gagasan bahwa kenaikan inflasi bersifat sementara berdasarkan kemacetan rantai pasokan dan kekurangan tenaga kerja. Namun, banyak analis percaya bahwa kenaikan suku bunga tidak akan menyelesaikan masalah kekurangan rantai pasokan. Jika kekurangan rantai pasokan terus-menerus, maka kenaikan inflasi juga akan meningkat.

Fakta itulah yang menempatkan Federal Reserve dalam posisi yang sangat sulit. Sementara kami mengharapkan Federal Reserve untuk mengumumkan permulaan tapering, itu akan menjadi ketika mereka mulai menormalkan suku bunga yang akan paling menarik bagi komunitas investasi. Jika konferensi pers Powell mengitari timeline untuk kenaikan, itu bisa mengecewakan banyak pelaku pasar dan menggerakkan emas lebih tinggi.

Diharapkan The Fed akan mengumumkan dimulainya tapering tetapi sejauh ini tidak terlihat bahwa mereka akan memberikan waktu khusus seputar kenaikan suku bunga. Hal ini dapat menyebabkan beberapa kekecewaan karena pelaku pasar tidak setuju. mengharapkan sesuatu yang lebih spesifik yang dapat mendorong emas menuju $1.800 per ons atau bahkan lebih dari itu.

Satu-satunya kepastian tentang kesimpulan FOMC besok adalah bahwa kita akan melihat peningkatan volatilitas karena pelaku pasar berusaha membaca yang tersirat dari pernyataan Federal Reserve dan konferensi pers ketua Powell.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.