Malam Ini, Pemulihan Ekonomi Negeri Paman Sam Berhasil Memacu Penguatan Dolar AS

JAVAFX – Kamis(16/5/2019), serangkaian laporan data AS malam ini mengindikasikan adanya pemulihan ekonomi AS baik di sektor manufaktur, properti dan pasar tenaga kerja. Indikasi pemulihan ekonomi AS tersebut juga berdampak kepada penguatan dolar saat ini.

Di sektor manufaktur, Federal Reserve Philadelphia melaporkan bahwa indeks aktivitas manufaktur telah mengalami kenaikan yang disesuaikan secara musiman menjadi 16.6 di bulan Mei dari 8.5 di bulan April lau.

Gold Trading

Sedangkan untuk sektor properti, Biro Sensus AS melaporkan bahwa jumlah izin bangunan di bulan April telah naik 0.6% dengan tercatat sebanyak 1.3 juta dari periode sebelumnya yang turun 0.2% atau tumbuh sebanyak 1.29 juta.

Masih di sektor properti, jumlah pembangunan kontruksi rumah baru juga mengalami peningkatan pada bulan April yang terpantau naik sebesar 5.7% dengan jumlah konstruksi sebanyak 1.24 juta unit.

Selanjutnya, laporan terakhir yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja menyebutkan bahwa jumlah klaim pengangguran AS telah mengalami penurunan yang disesuaikan secara mingguan sebanyak 212K untuk periode akhir 11 Mei 2019 dari sebelumnya tercatat tumbuh sebanyak 228K.

Mereaksi serangkaian data fundamental tersebut, pergerakan indeks dolar AS telah berhasil bergerak di zona positif dengan naik sebesar 0.18% di level 97.75.