Market Outlook AUDUSD: Senin, 18 Maret 2024

0
144
Dolar Aussie

Tren AUDUSD Timeframe H1: Bearish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
AUDUSD sedikit pulih dari penurunan dalam dua hari terakhir saat dolar Australia menghadapi tantangan atas perkiraan pasar bahwa Reserve Bank of Australia (RBA) diperkirakan akan mempertahankan suku bunga dan indeks S&P/ASX 200 Australia yang melemah mengikuti penurunan harga komoditas, menjelang pengumuman suku bunga oleh RBA, PBoC dan FOMC pekan ini.

Outlook:
AUDUSD menghentikan penurunan beruntunnya pada hari Senin menyusul koreksi dolar AS mengikuti penurunan ringan yield obligasi AS. Indeks dolar AS saat ini berada di sekitar level 103.05 dan yield obligasi AS 10 tahun di 4.30% turun ringan di hari ini.

Indeks dolar AS melemah di tengah keraguan para pelaku pasar terhadap Federal Reserve, yang diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tinggi saat ini menanggapi kenaikan data inflasi konsumen dan produsen AS di pekan lalu.

Sikap hati-hati para pelaku pasar menjelang keputusan kebijakan RBA pada Selasa, besok dan keputusan suku bunga dari People’s Bank of China (PBoC) serta Federal Reserve AS (Fed), yang akan dirilis pada hari Rabu, kemungkinan akan melemahkan pasangan dolar Aussie.

Dolar Australia juga menghadapi tekanan dari Indeks S&P/ASX 200 yang memperpanjang penurunan untuk sesi ketiga berturut-turut, dengan saham sektor pertambangan dan energi memimpin penurunan, yang mencerminkan pelemahan harga-harga komoditas.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar akan fokus pada sentimen dan faktor yang menggerakkan pasar, termasuk pergerakan yield obligasi AS menjelang pertemuan RBA, PBoC dan FOMC pekan ini.

Peluang Trading:
AUDUSD mencoba pulih dari penurunan dua hari di tengah kerentanan dolar Australia atas melemahnya indeks S&P/ASX100, memanfaatkan koreksi dolar AS dan yield obligasi AS. Jika dolar AS dan yield obligasi kembali menguat, pasangan dolar Aussie akan kembali lanjutkan penurunan.
Secara teknikal grafik timeframe H1 menunjukkan pasangan AUDUSD masih dalam tren penurunan, meski menguat di awal pembukaan perdagangan pekan ini. Harga saat ini berada di bawah ketiga Exponential Moving Average (EMA) yang menunjukkan pasangan ini masih dalam tren penurunan meski Relative Strength Index (RSI) bergerak yang naik menuju garis tengah yang menunjukkan kekuatan AUDUSD saat ini. Penembusan level atas intraday, akan membuka peluang harga naik menuju level 0.6580. Sementara, potensi penurunan kembali perlu diwaspadai jika harga kembali turun ke bawah level 0.6550.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 0.6556, target profit di level 0.6550 hingga 0.6546.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 0.6568, target profit di level 0.6574 hingga 0.6577.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.