Market Outlook EURUSD: Rabu, 4 Oktober 2023

0
50

Market Outlook EURUSD: Rabu, 4 Oktober 2023
Tren: Bearish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
EURUSD masih di bawah tekanan menyusul data JOLTS Job Opening AS yang positif untuk dolar AS.
Proyeksi tidak ada kenaikan suku bunga dari Bank Sentral Eropa dalam waktu dekat, melemahkan euro.
Para pelaku pasar menantikan Penjualan Ritel Eurozone dan Indeks Harga Produsen.

Outlook:
EURUSD masih tertekan di sekitar level 1.0475 setelah rebound dari level terendah sepuluh bulan di level 1.0450, menyusul data pada hari Selasa yang menunjukkan Survei Job Opening and Labor Turnover (JOLTS) AS untuk Agustus tumbuh menjadi 9,6 juta dari bulan lalu 8,9 juta.

data ekonomi AS yang positif, mengangkat dolar AS ke atas level 107,00 mengikuti kenaikan yield obligasi AS, dengan yield 10 tahun mencapai 4,82%, tertinggi sejak tahun 2007. Data ekonomi AS yang lebih baik dari perkiraan, yield obligasi yang lebih tinggi, dan kehati-hatian pasar menguatkan dolar AS terhadap mata uang rivalnya sehingga melemahkan EURUSD.

Antisipasi pasar atas potensi tidak ada kenaikan suku bunga dari Bank Sentral Eropa (ECB) dalam waktu dekat, melemahkan euro. Anggota Dewan Pemerintah ECB, Tuomas Välimäki, mengatakan para pembuat kebijakan tidak melihat prospek stagfalasi, sementara Kepala Ekonom ECB, Philip Lane, mengatakan bahwa ECB belum mencapai target inflasi, masih ada pekerjaan yang harus dilakukan.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar akan mengalihkan fokusnya pada data Indeks Harga Produsen (PPI) dan Penjualan Ritel zona Euro untuk bulan Agustus yang akan dirilis pada Rabu, hari ini yang diperkirakan turun dari -7,6% menjadi -11,6% pada tingkat tahunan, sementara Penjualan Ritel diperkirakan akan turun dari -1% menjadi -1,2%, dilanjutkan dengan rilis data tenaga kerja sektor swasta, ADP, AS dan Indeks Manufaktur ISM AS yang akan memengaruhi pergerakan pasar dan pasangan EURUSD.

Peluang Trading:
Sentimen yang masih positif terhadap dolar dan sentimen yang belum banyak mendukung euro menjadi faktor yang melemahkan pasangan EURUSD. EURUSD secara teknikal juga masih menunjukkan tren penurunan yang terlihat pada indikator Relative Strength Index (RSI) yang berada di area Oversold dan harga bergerak di bawah Exponential Moving Average (EMA) d semua timeframe dari H1 hingga D1.
Penurunan harga yang berlanjut ke bawah level 1.0450 membuka peluang EURUSD lanjutkan penurunan hingga ke level 1.0430. Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 1.0447 dengan target profit di level 1.0439 hingga level 1.0431.
Potensi koreksi dari penurunan saat ini masih dapat terjadi. Kenaikan harga di atas level 1.0465, berpotensi membawa EURUSD naik hingga ke level 1.0490. Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 1.0468 dengan target profit di level 1.0478 hingga 1.0488.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.