RBNZ Tahan Suku Bunga, Bertahan Dalam Sikap Hawkish

0
34
Reserve Bank of New Zealand

Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) mempertahankan suku bunga resmi (OCR) sebesar 5,5% selama pertemuan bulan Oktober, memperpanjang jeda suku bunga untuk pertemuan ketiga berturut-turut dan sesuai dengan konsensus pasar. Dewan terus menilai bahwa kondisi moneter membatasi pengeluaran dan mengurangi tekanan biaya menyusul kenaikan suku bunga sebesar 525bps sejak Oktober 2021.

Pada saat yang sama, bank sentral memandang bahwa inflasi masih terlalu tinggi, dan OCR perlu mempertahankan tingkat pembatasan lebih lama. untuk mengembalikan inflasi ke kisaran sasaran 1 hingga 3% per tahun pada semester kedua tahun 2024.

Komite menegaskan kembali adanya risiko jangka pendek bahwa aktivitas dan inflasi tidak akan melambat seperti yang diharapkan, di tengah beberapa risiko yang mencakup harga minyak yang lebih tinggi. Dalam jangka menengah, melemahnya permintaan global, terutama dari Tiongkok, kemungkinan akan semakin membebani pendapatan ekspor Selandia Baru.

Keputusan yang diambil pada hari Rabu ini diambil ketika masyarakat Selandia Baru bersiap untuk mengadakan pemilu akhir bulan ini, dengan biaya hidup menjadi tema kampanye utama.

Mata uang dollar Selandia Baru (NZD) masih tertahan di level terendah minggu ini di $0.5890 sedikit diatas level terendah bulan lalu $0.58583