Market Outlook Gold (Emas): Jumat, 22 Desember 2023

0
72

Tren Gold (Emas) Timeframe H1: Bullish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas terus menguat dan menembus ke atas level 2.050 atas pelemahan dolar dan yield obligasi AS.
Dolar dan yield obligasi AS terseret oleh data PDB AS kuartal ketiga yang ekspansi 4,9%, turun dari 5,2%.
Lemahnya data ekonomi AS meningkatkan ekspektasi Fed akan turunkan suku bunga pada Maret 2024.
Data Core PCE Price Index AS, yang akan dirilis hari ini akan pengaruhi pergerakan pasar, terutama emas.

Outlook:
Emas memperpanjang kenaikannya karena angka pertumbuhan PDB AS yang suram semakin melemahkan dolar dan yield obligasi AS dan mendorong emas menguat di dekat level 2.055.

Indeks Dolar AS terjun ke level terendah sejak Agustus, di level 101,75 dari level 102.45 saat ini berada di level 101.85 dan yield obligasi AS menguat ringan, dengan yield obligasi 10 tahun di 3,89%.

Data Produk Domestik Bruto (PDB) AS kuartal ketiga yang lebih lemah dari yang diharapkan, hanya ekspansi 4,9%, turun dari laporan bulan lalu 5,1% , menurut laporan Biro Analisis Ekonomi AS (BEA).

Klaim awal tunjangan pengangguran meningkat 2.000 menjadi 205.000 untuk pekan hingga 16 Desember dari laporan sebelumnya 203.000, lebih buruk dari ekspektasi pasar 215.000 pengajuan.

Data ekonomi AS yang lemah dan inflasi yang moderat mengindikasikan kebijakan moneter Federal Reserve (Fed) cukup ketat untuk mengembalikan inflasi secara berkelanjutan kembali ke target.

Fokus Pasar Hari Ini:
Investor akan fokus pada rilis data Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi Inti (Core PCE) AS bulan November, diperkirakan naik 0,2% di tingkat bulanan dan 3,3% di tingkat tahunan, Survey Kepercayaan Konsumen University of Michigan Consumer, data Durable Goods Orders, dan data New Home Sales AS.

Peluang Trading:
Dolar AS dan yield obligasi semakin tertekan atas meningkatnya ekspektasi bahwa Fed akan memangkas suku bunga pada Maret 2024 imbas lemahnya data ekonomi AS yang dirilis Kamis mendorong emas lanjutkan kenaikan. Sentimen ini dapat menjadi acuan untuk posisi Buy jangka menengah.
Grafik pada timeframe H1 menunjukkan tren emas cukup stabil mempertahankan kenaikan di minggu ini dan berhasil bertahan naik ke atas level 2.050. Tapi tetap waspadai potensi koreksi emas dari kenaikan saat ini. Dengan terbentuknya beberapa Higher-Low di sepanjang minggu, harga di atas Exponential Moving Average (EMA)50 dan Relative Strength Index cukup mendekati area overbought, mengindikasikan kuatnya tren kenaikan emas, secara teknikal.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.055 dengan target profit di level 2.060 hingga 2.065.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 2.046 dengan target profit di level 2.040 hingga 2.036.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.