Market Outlook Gold (Emas): Jumat, 8 Desember 2023

0
77

Tren Gold (Emas) Timeframe H1: Konsolidasi

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas lanjutkan konsolidasi pasca koreksi dari kenaikan besar hari Senin karena kehati-hatian pasar.
Kehati-hatian terhadap risiko menjelang data NFP AS membatasi posisi agresif oleh para investor.
Emas bergerak tanpa arah jelas, di tengah kenaikan ringan dolar AS dan penurunan yield obligasi AS.

Outlook:
Emas menghabiskan sisa minggu ini dalam perdagangan tipis di atas level 2.000 setelah memangkas kenaikan hari Senin dengan data NFP AS menjadi fokus untuk mendapatkan petunjuk arah baru.

Indeks dolar AS menguat bersamaan dengan kenaikan pasar ekuitas AS karena sentimen risiko, saat ini diperdagangkan di area 103.50an. Sementara yield obligasi tertahan di 4.16%.

Kehati-hatian pasar menjelang data Nonfarm Payrolls (NFP) AS yang diperkirakan meningkat dari 150 ribu menjadi 180 ribu di November, menahan pergerakan emas dan bergerak dalam rentang sempit.

Pasar bergantung pada laporan NFP dengan harapan data yang lemah akan meningkatkan peluang penurunan suku bunga oleh Federal Reserve (Fed), yang telah diproyeksikan selama ini.

Fokus Pasar Hari Ini:
Investor akan fokus pada laporan Payrolls Non Pertanian dan tingkat pengangguran AS serta komponen nya yang dapat menentukan masa depan kebijakan Fed, diikuti dengan rilis data survei sentimen konsumen dan ekspektasi inflasi yang akan dirilis oleh Universitas Michigan.

Peluang Trading:
Setelah data tenaga kerja ADP sektor swasta AS dan JOLTs AS menopang emas, fokus pasar hari ini tertuju pada rilis data NFP AS. Laporan yang lemah akan mendorong Fed untuk mengendurkan kebijakannya, yang berimbas pada melemahnya dolar dan yield obligasi AS, dan akan membuka peluang emas lanjutkan kenaikan.
Emas secara teknikal berada tren konsolidasi dengan hanya bergerak tipis sepanjang pekan ini dan hanya naik tipis di hari ini setelah dibuka di level 2.028 yang saat ini diperdagangkan di sekitar level 2.030 dan bergerak di area Exponential Moving Average (EMA) 100, dan Indikator Relative Strength Index berada sedikit di atas garis tengah, mengkonfirmasi tren sideway emas dengan bias Bullish ringan.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.035, dengan target profit di level 2.038 hingga level 2.042. Penembusan level ini, emas berpotensi naik menuju level 2.050.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan pada level 2.028 dengan target profit di level 2.026 hingga level 2.022. koreksi lebih lanjut, emas akan turun menuju level 2.010.
Peluang trading jangka pendek dapat diterapkan sebelum rilis data.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.