Market Outlook USDJPY: Jumat, 8 Desember 2023

0
90

Tren USDJPY Timeframe H1: Bearish (Turun)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
USDJPY terseret oleh kenaikan Yen Jepang pasca komentar Gubernur BoJ pada hari Kamis.
Yen Jepang mengabaikan kontraksi ekonomi yang lebih besar dari perkiraan awal di kuartal ketiga.
Ekspektasi penurunan suku bunga Fed memicu penurunan dan semakin menekan USDJPY.

Outlook:
Yen Jepang naik lebih dari 3,5% ke level tertinggi di empat bulan terakhir terhadap dolar AS dan menyebabkan pasangan USDJPY merosot ke level terendah sejak Agustus pada perdagangan kemarin.

Gubernur Bank of Japan (BoJ) Kazuo Ueda isyaratkan opsi yang dapat dipertimbangkan ketika meninggalkan tingkat suku bunga negatif, dan memperkuat ekspektasi bahwa BoJ akan mengakhiri kebijakan ultra-dovish.

Kazuo Ueda masih menekankan pentingnya melanjutkan kebijakan moneter longgar dalam waktu dekat di tengah tanda-tanda bahwa ekonomi Jepang semakin melemah.

Kenaikan di pasar ekuitas AS karena sentimen risiko dapat menghambat safe-haven yen dan memangkas sebagian penurunan tajam USDJPY dan memungkinkan pasangan USDJPY kembali rebound.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar hari ini akan fokus pada rilis data tenaga kerja AS termasuk Payrolls Non Pertanian (NFP) dan tingkat pengangguran serta komponen nya yang diikuti dengan rilis data survei sentimen konsumen dan ekspektasi inflasi yang akan dirilis oleh Universitas Michigan.

Peluang Trading:
Ekspektasi perubahan kebijakan BoJ menopang yen yang mengacuhkan kontraksi ekonomi Jepang kuartal ketiga. Ekspektasi Federal Reserve (Fed) yang dovish menahan dolar AS dan berpotensi melemahkan USDJPY. Rilis data NFP akan memengaruhi pergerakan pasar. Kenaikan di bawah ekspektasi akan melemahkan dolar dan yield obligasi AS dan menopang emas lanjutkan kenaikan.
Perubahan tren konsolidasi di pekan ini membawa USDJPY saat ini jauh di bawah Exponential Moving Average (EMA). Grafik pada timeframe H1 menunjukkan USDJPY turun tajam pada perdagangan kemarin, namun pola Bullish Engulfing yang terbentuk dan mendapat konfirmasi pada candle selanjutnya, membuka peluang USDJPY rebound singkat. Potensi ini terlihat pada Indikator Relative Strength Index yang saat ini bergerak naik mencoba menjauhi garis Oversold.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan pada level 143.45 jika USDJPY kembali lanjutkan penurunan ke bawah level 143.50 dengan target profit pada level 143.30 hingga level 143.15.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan pada level 143.90, Jika USDJPY berhasil rebound dari penurunan tajam kemarin dengan target profit pada level 144.05 hingga level 144.20.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.