Market Outlook Gold (Emas): Kamis, 21 Desember 2023
Tren Gold (Emas) Timeframe H1: Bullish

0
45

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas membalikkan sebagian penurunan kemarin atas melemahnya dolar dan yield obligasi AS.
Aksi jual mendadak di pasar ekuitas AS kemarin membantu emas untuk membukukan kenaikan.
Emas masih mendapat dukungan ekspektasi Fed yang dovish yang menahan kenaikan dolar AS.
Emas masih menunggu faktor pendorong lainnya untuk memastikan kenaikan lebih lanjut.

Outlook:
Emas mempertahankan kenaikan sejak pembukaan perdagangan Kamis dan menyentuh level atas intraday, setelah rebound dari penurunan kemarin yang terseret oleh kenaikan ringan dolar AS.

Aksi jual mendadak di pasar ekuitas AS kemarin melemahkan dolar AS dan membantu membatasi penurunan emas, meski terlihat bergerak dalam rentang harga sekitar satu minggu terakhir.

Keyakinan bahwa Federal Reserve (Fed) akan memangkas suku bunga awal tahun depan melemahkan yield obligasi AS serta dolar AS dan masih menjadi faktor yang mendorong emas lanjutkan kenaikan.

Tapi, penolakan ekspektasi pasar bahwa bank sentral AS akan sepenuhnya bersikap Dovish oleh pejabat Fed, meningkatkan ketidakpastian suku bunga Fed dan sedikit menahan penurunan dolar AS.

Fokus Pasar Hari Ini:
Hari ini fokus pasar tertuju pada rilis data PDB akhir per kuartal AS, klaim tunjangan pengangguran dan indeks manufaktur Fed Philadelphia yang akan memberikan petunjuk perdagangan jangka pendek, dengan fokus utama pada rilis data Core PCE Price Index AS yang akan dirilis besok.

Peluang Trading:
Ekspektasi pasar bahwa the Fed akan memangkas suku bunga pada awal Maret 2024 yang menyebabkan yield obligasi AS ke level terendah baru dalam beberapa bulan dan membebani USD menjadi harapan logam mulia lanjutkan kenaikan untuk jangka menengah dan jangka panjang. Tapi, penolakan pejabat Fed atas ekspektasi tersebut berhasil menahan penurunan yield obligasi dan dolar AS.
Grafik pada timeframe H1 menunjukkan tren emas dalam minggu ini masih bullish, berhasil bertahan di atas level 2.030. Namun, tetap waspadai potensi emas kembali melemah, dengan melihat pola candlestick membentuk pola Bearish Engulfing dan harga saat ini tidak jauh di atas Exponential Moving Average (EMA)50 dan Relative Strength Index berada cukup dekat di area tengah. Penembusan harga ke bawah EMA50 dan RSI turun menembus ke bawah garis tengah mengindikasikan emas akan melanjutkan penurunannya.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.037 dengan target profit di level 2.042 hingga 2.044.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 2.033 dengan target profit di level 2.030 hingga 2.028.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.