Market Outlook Gold (Emas): Kamis, 28 Desember 2023

0
59

Tren Gold (Emas) Timeframe H1: Bullish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas lanjutkan kenaikan atas lemahnya dolar dan yield obligasi AS yang terseret oleh Core PCE Price (PCE) Index meningkatkan spekulasi penurunan suku bunga oleh the Fed. Niat pemerintah Tiongkok mempercepat pemulihan ekonomi menjadi pendorong lainnya kenaikan emas.

Outlook:
Berlanjutnya penurunan dolar dan yield obligasi AS membawa terus mendekati level 2.090, dengan indeks Dolar AS turun ke sekitar level 100,80 sementara yield obligasi AS 10 tahun berada di 3,80%.

Penurunan Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi Inti (PCE) AS di bulan November, memicu spekulasi penurunan suku bunga lebih awal oleh The Fed.

Pasar meyakini lebih dari 88% kemungkinan penurunan suku bunga di bulan Maret dan penurunan lainnya pada bulan Mei, menurut CME Fedwatch.

Pemerintah Tiongkok berniat untuk meningkatkan permintaan domestik untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan mendorong stabilitas pertumbuhan ekonomi.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar hari ini akan fokus pada laporan Klaim Pengangguran mingguan AS, Neraca Perdagangan, dan laporan Pending Home Sales bulan November yang mungkin akan memengaruhi sentimen pasar.

Peluang Trading:
Dolar dan yield obligasi AS semakin melemah efek indikator inflasi pilihan The Fed yang lemah, semakin meningkat spekulasi penurunan suku bunga lebih awal dan mendorong harga emas menuju level 2.090. penembusan level ini akan membuka peluang emas lanjutkan kenaikan menuju level 2.100.
Grafik pada timeframe H1 menunjukkan emas sangat meyakinkan melanjutkan tren kenaikannya, setelah pada perdagangan kemarin menembus ke level 2.080 meski dalam suasana libur natal dan tahun baru. Harga terus menjauhi di atas Exponential Moving Average (EMA) dan Relative Strength Index yang berada di area overbought, mengindikasikan kuatnya tren kenaikan emas, secara teknikal. Tetap waspadai potensi koreksi ringan emas dari kenaikan saat ini.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.088 dengan target profit di level 2.095 hingga 2.098.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 2.082 dengan target profit di level 2.077 hingga 2.074.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.