Market Outlook Gold (Emas): Rabu, 13 Desember 2023

0
72

Tren Gold (Emas) H1: Sideway (Datar), bias Bearish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas masih di bawah tekanan, laporan inflasi AS yang stabil. menopang dolar dan yield obligasi AS.
Emas juga tertekan oleh proyeksi bahwa the Fed akan mempertahankan suku bunga.
Fokus otoritas RRT pada kebijakan industri, mengecewakan pasar dan memengaruhi emas.

Outlook:
Emas masih tertahan di bawah level 1.980 lanjutkan penurunan kemarin setelah data inflasi AS perkuat kemungkinan Federal Reserve mempertahankan suku bunga untuk membawa inflasi ke target 2%.

Emas juga tertekan di tengah indeks dolar AS gagal mempertahankan kenaikan dan tertahan di sekitar level 103,80. Sementara yield obligasi AS 10 tahun turun tipis, dari 4,23% menjadi 4,21%.

Dengan data Inflasi AS yang masih tinggi hampir dipastikan the Fed akan mempertahankan suku bunga. Namun, pasar akan menantikan petunjuk dari pertemuan Fed dan komentar Jerome Powell.

Pemerintah RRT yang menekankan pentingnya kebijakan industri tahun depan, mengecewakan investor yang mencari stimulus besar untuk mendorong pertumbuhan dan berimbas pada melemahnya emas.

Fokus Pasar Hari Ini:
Pelaku pasar hari ini akan fokus pada rilis data Indeks Harga Produsen (PPI) AS. PPI bulanan AS diperkirakan meningkat dari -0,5% menjadi 0,0% sementara PPI utama meningkat dari 0,0% menjadi 0,2%.

Peluang Trading:
Emas kemungkinan masih akan tertahan setelah terseret oleh data inflasi konsumen AS kemarin. Dengan fokus pasar pada rilis data PPI AS dan pertemuan the Fed, perdagangan emas kemungkinan konsolidasi dengan potensi penurunan ringan di tengah kenaikan ringan dolar AS dan yield obligasi AS yang masih tertahan. Jika data PPI yang sesuai ekspektasi akan mendorong kenaikan dolar AS dan melemahkan emas. Tapi, jiak data PPI melemah emas berpotensi untuk pulih dari penurunan saat ini.
Emas kembali turun dan diperdagangkan di sekitar level pembukaan hari ini, tertekan di bawah level 1.980, konsolidasi dari penurunan kemarin. Grafik pada timeframe H1 terlihat upaya keras emas untuk pulih tertahan oleh pola candlestick Bearish Engulfing yang tercipta di awal pembukaan hari ini. Relative Strength Index yang kembali turun mendekati area Oversold, dan harga yang masih di bawah Exponential Moving Average (EMA) dan terus bergerak turun menunjukkan kelanjutan tren penurunan, dan potensi SELL emas masih mungkin terjadi.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan pada level 1.976 dengan target profit di level 1.971 hingga level 1.968. Penurunan lebih lanjut, emas berpotensi turun menuju level 1.960.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.982, jika emas cukup kuat untuk rebound, dengan target profit di level 1.987 hingga level 1.991.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.