Market Outlook Gold (Emas): Rabu, 20 Desember 2023

0
81
Harga Emas

Tren Gold (Emas) Timeframe H1: Bullish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas mempertahankan kenaikan minggu ini karena melemahnya dolar dan yield obligasi AS.
Dolar dan yield obligasi AS melemah atas pernyataan Goolsbee terkait masa depan suku bunga.
Data perumahan rumah AS yang beragam dan cenderung lemah semakin menekan dolar AS.
Kenaikan emas ditopang oleh revisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Tiongkok tahun ini oleh IMF.

Outlook:
Emas konsolidasi di sekitar level 2.040 setelah melanjutkan kenaikan minggu ini dan siap menuju level 2.050 atas melemahnya dolar AS dan yield obligasi AS menjelang hari libur.

Pernyataan Presiden Federal Reserve (Fed) Bank of Chicago dan Presiden Fed New York mengenai suku bunga dan menyangkal ekspektasi pasar terus melemahkan dolar dan yield obligasi AS.

Data Izin Mendirikan Bangunan yang turun menjadi 1,46 juta dari 1,498 juta, meski Housing Starts bulan November naik ke 1,56 juta dari 1,359 juta, menekan dolar AS menuju level 102.00.

Revisi kenaikan Dana Moneter Internasional (IMF) atas proyeksi pertumbuhan ekonomi Tiongkok menjadi 5,4% tahun ini, akan semakin menopang logam mulia untuk melanjutkan kenaikan.

People’s Bank of China (PBoC) yang mempertahankan suku bunga pinjaman acuan satu dan lima tahun masing-masing 3.45% dan 4.20% menahan emas lanjutkan kenaikan di minggu ini.

Fokus Pasar Hari Ini:
Pasar akan alihkan fokus pada rilis data Existing Home Sales AS dan survei kepercayaan konsumen Conference Board hari ini setelah PBoC memutuskan untuk mempertahankan kebijakan suku bunganya.

Peluang Trading:
Emas mempertahankan kenaikan di tengah yield obligasi AS yang masih melemah atas indikasi pengenduran suku bunga the Fed meski dolar AS hari ini mencoba pulih dari penurunan minggu ini. Peluang BUY Emas masih dapat dipertimbangkan. Namun tetap waspadai potensi emas kembali koreksi.
Meski emas sedikit melemah dan tertahan di sekitar level 2.040, namun logam mulia itu terus berupaya lanjutkan kenaikan minggu ini. Grafik pada timeframe H1 memperlihatkan emas mempertahankan tren kenaikan yang cukup stabil sejak perdagangan awal minggu ini, mengikuti pergerakan Exponential Moving Average (EMA) yang terus naik dalam rentang yang cukup dekat. Sementara Relative Strength Index yang kembali di bawah area overbought, mengindikasikan emas cukup stabil dalam tren kenaikan saat ini.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.041 dengan target profit di level 2.046 hingga 2.050.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 2.035 dengan target profit di level 2.030 hingga 2.027.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.