Market Outlook GBPUSD: Senin, 18 Desember 2023

0
40

Tren GBPUSD Timeframe H1: Konsolidasi (Sideway)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
GBPUSD konsolidasi cenderung melemah menjelang rilis data CPI dan PPI Inggris.
Dolar AS menguat ringan dari penurunan saat ini atas sentimen dovish terhadap The Fed.
Sterling masih tertekan oleh BoE yang mempertahankan suku bunga atas prospek ekonomi yang suram.

Outlook:
GBPUSD beruang keras melanjutkan kenaikan kemarin, turun tipis di bawah level 1,2720 setelah mendapat tekanan menjelang serangkaian rilis data ekonomi Inggris yang akan dirilis hari ini.

Indeks Harga Konsumen (CPI) bulan November akan dirilis hari ini, dengan Inflasi bulanan diperkirakan tumbuh 0,01% dari sebelumnya 0,0% dan inflasi tahunan turun 4,4% dari sebelumnya 4,6%.

Bank of England (BoE) yang mempertahankan suku bunga pada pertemuan bulan Desember karena prospek ekonomi yang suram dan pasar tenaga kerja yang melambat, masih menekan sterling.

Indeks dolar AS yang menguat ringan di sekitar level 102.20 di tengah sentimen dovish terhadap the Fed, menahan GBPUSD untuk melanjutkan kenaikan yang dicapai pada perdagangan kemarin.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku hari ini akan fokus pada rilis data CPI dan PPI Inggris yang dilanjutkan dengan Survei Kepercayaan Konsumen AS dan Pembangunan Rumah AS yang akan memengaruhi pergerakan pasar.

Peluang Trading:
GBPUSD berjuang keras melanjutkan kenaikan kemarin yang terhalang oleh kenaikan ringan dolar AS dan kehati-hatian pasar menjelang rilis data inflasi konsumen Inggris yang akan memengaruhi BoE dalam menentukan kebijakan selanjutnya. Sentimen pasar yang dovish terhadap the Fed masih menjadi faktor yang dapat melemahkan dolar AS dan membuat GBPUSD kembali melanjutkan kenaikannya.

GBPUSD masih menunjukkan tren kenaikannya yang cukup stabil. Grafik pada timeframe H1 menunjukkan adanya pembalikan arah memasuki perdagangan sesi kedua di AS. Namun pasangan Cable ini masih bergerak naik di atas lintasan Exponential Moving Average (EMA) yang mengindikasikan tren kenaikan yang cukup stabil. Meski indikator Relative Strength Index (RSI) bergerak cukup dekat namun di atas gari tengah. Penembusan RSI di ke bawah garis tengah ini dan harga menembus ke bawah level 1.2720 dapat menjadi indikator berlanjutnya koreksi GBPUSD.

Peluang SELL dapat dipertimbangkan pada level 1.2715 jika koreksi berlanjut, dengan target profit di level 1.2710 hingga level 1.2705.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.2730, dengan target profit di level 1.2736 hingga level 1.2744.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.