Market Outlook Gold (Emas): Rabu, 27 Desember 2023

0
73

Tren Gold (Emas) Timeframe H1: Bullish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Efek data Core PCE AS masih membayangi ekspektasi penurunan suku bunga Federal Reserve yang terus menekan dolar serta obligasi AS dan mendorong kenaikan emas. Konflik Timur Tengah yang meningkat berpotensi mendorong pasar menuju aset safe haven seperti emas.

Outlook:
Harga emas kembali menembus dan bertahan di atas level 2.060 di minggu terakhir tahun 2023 di tengah volume perdagangan yang ringan yang saat ini diperdagangkan di area 2.066.

Dolar AS yang turun ke level terendah sejak Juli di dekat level 101,45 di sesi kemarin dan imbal hasil obligasi AS 10 tahun yang turun dan berada di 3,89%, menjadi faktor utama kenaikan emas.

Ekspektasi pemangkasan suku bunga The Fed telah meningkat, dengan enam pemangkasan di 2024 yang diawali pada 20 Maret, berperan besar dalam penurunan dolar dan yield obligasi AS.

Investor masih menunggu petunjuk dari data dalam beberapa minggu mendatang, setelah data Core PCE Price Index AS mencatat kenaikan kecil yang melemahkan dolar dan yield obligasi AS.

Ancaman Yaman di Laut Merah dan Iran yang mengancam penutupan Selat Gibraltar, melengkapi eskalasi konflik timur tengah dan berpotensi mengangkat aset safe haven seperti emas dan dolar AS.

Fokus Pasar Hari Ini:
Investor akan mengawasi perkembangan ketegangan geopolitik Timur Tengah dan data Indeks Manufaktur Richmond Fed AS untuk bulan Desember yang diperkirakan tumbuh menjadi -4 dari laporan sebelumnya -5. Kenaikan data yang signifikan akan sedikit membantu pemulihan dolar AS.

Peluang Trading:
Perdagangan hari ini kemungkinan masih akan sepi meski perdagangan bursa sudah buka namun suasana libur natal dan tahun baru masih berlangsung. Sehingga perlu petunjuk yang kuat untuk masuk pasar.
Grafik pada timeframe H1, emas masih stabil mempertahankan kenaikan minggu lalu dan kembali bertahan di atas level 2.060 di tengah perdagangan yang relatif sepi karena pasar masih dalam suasana libur natal dan tahun baru. Tetap waspadai emas kembali mengalami koreksi dari kenaikan saat ini, dengan harga stabil di atas Exponential Moving Average (EMA) dan Relative Strength Index juga masih mendekati area overbought, mengindikasikan kuatnya tren kenaikan emas, secara teknikal.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.068 dengan target profit di level 2.070 hingga 2.073.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 2.063 dengan target profit di level 2.060 hingga 2.058.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.