Market Outlook Gold (Emas): Selasa, 12 Desember 2023

0
70

Tren Gold (Emas) H1: Sideway (Datar), bias Bearish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas masih tertekan di bawah level 2.000 meski yield obligasi dan dolar AS sedikit melemah.
Fokus pasar pada rilis data inflasi AS terbaru akan sedikit menahan pergerakan pasar.
Perkiraan suku bunga Fed ‘dot plot’ untuk mendorong momentum pasar hingga pertengahan minggu.

Outlook:
Emas masih lanjutkan penurunan hingga perdagangan hari ini di bawah level 2.000 dan turun ke area 1.980, tertekan meski dolar AS dan imbal hasil obligasi AS mencatat penurunan ringan.

Emas yang masih menghadapi tekanan setelah kembali tergelincir di bawah level psikologis 2.000 di saat pasar menunggu rilis inflasi Indeks Harga Konsumen (CPI) AS yang akan dirilis hari ini.

Inflasi konsumen AS diperkirakan bervariasi, dengan CPI Inti bulanan diperkirakan melonjak dari 0,2% menjadi 0,3% di November, dan CPI inti tahunan diperkirakan turun menjadi 3,1% dari 3,2%.

Pasar tampaknya masih mempertahankan ekspektasi penurunan suku bunga oleh The Fed, namun inflasi terus mencetak angka di atas batas atas 2% dari kisaran target inflasi Inti Federal Reserve (The Fed).

Fokus Pasar Hari Ini:
Pasar akan pusatkan perhatian pada rilis data inflasi AS yang menjadi data tambahan yang dapat memengaruhi langkah The Fed terhadap kebijakan suku bunga bank sentral selanjutnya setelah data NFP di akhir pekan kemarin.

Peluang Trading:
Kemungkinan emas untuk pulih akan bergantung pada rilis data inflasi konsumen AS hari ini. Jika CPI AS kembali naik, maka akan melemahkan emas karena dolar AS dan obligasi AS akan kembali menguat atas asumsi, The Fed masih akan mempertahankan kebijakan saat ini untuk waktu yang lebih lama. sebaliknya, jika inflasi lanjutkan penurunan, emas berpotensi untuk pulih dari penurunan saat ini.
Emas konsolidasi sejak pembukaan perdagangan hari Selasa, tertekan di bawah level 1.990 dan melanjutkan penurunan sejak akhir pekan kemarin. Grafik pada timeframe H1 terlihat ada upaya emas untuk pulih dari penurunan saat ini, dengan indikator Relative Strength Index yang naik dan mendekati level tengah. Namun, masih memerlukan pendorong untuk naik ke atas level tengah RSI. Sementara harga masih di bawah Exponential Moving Average (EMA) yang terus bergerak turun yang menunjukkan kelanjutan tren penurunan. Penembusan harga ke atas level tengah RSI dapat menjadi indikator pembalikan tren, setidaknya untuk jangka pendek.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan pada level 1.982 dengan target profit di level 1.978 hingga level 1.976. koreksi lebih lanjut, emas akan turun menuju level 1.970.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.987, jika emas cukup kuat untuk rebound, dengan target profit di level 1.990 hingga level 1.992.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.