Market Outlook Gold (Emas): Selasa, 19 Desember 2023

0
59

Tren Gold (Emas) H1: Konsolidasi cenderung Bullish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas pertahankan kenaikan ringan sesi Senin atas konsolidasi dolar AS dan cenderung melemah.
Melemahnya dolar AS karena indikasi Federal Reserve (Fed) akan melonggarkan kebijakan.
Kemungkinan pelonggaran The Fed melemahkan yield obligasi dan mendukung kenaikan emas.

Outlook:
Harga emas masih bertahan di sekitar level 2.025 sepanjang sesi Asia, mempertahankan momentum positif yang didukung oleh penurunan dolar AS dan yield obligasi AS yang lebih rendah.

Indeks dolar AS diperdagangkan konsolidasi dalam rentang sempit dan saat ini bergerak di sekitar level 102,50 dan Imbal hasil obligasi AS naik ringan, dengan yield obligasi 10 tahun di 3,93%.

The Fed indikasikan akan memulai pelonggaran kebijakan moneter setelah data menunjukkan penurunan inflasi dan ekonomi siap untuk menghadapi penurunan inflasi tanpa merusakan ekonomi itu sendiri.

Presiden Fed New York menyatakan masih terlalu dini membicarakan penurunan suku bunga, sementara Presiden Fed Mary Daly mengatakan penurunan suku bunga mungkin diperlukan di 2024.

Fokus Pasar Hari Ini:
Rilis data perumahan AS akan menjadi fokus pasar, termasuk Izin Mendirikan Bangunan dan Pembangunan Rumah Baru yang akan dirilis pada hari ini untuk mencari isyarat dan menemukan peluang trading.

Peluang Trading:
Dolar dan yield obligasi AS yang masih dilemahkan oleh indikasi pengenduran suku bunga the Fed yang menopang emas melanjutkan kenaikan ringan kemarin. Emas mungkin akan melanjutkan kenaikan jika data perumahan AS hari ini semakin meningkatkan kemungkinan pengenduran suku bunga The Fed yang melemahkan dolar dan obligasi AS dan membuka peluang BUY Emas untuk jangka pendek dan menengah. Namun tetap waspadai potensi emas kembali koreksi.
Emas secara teknikal mencatat kenaikan ringan dan meski masih tertahan di sekitar level 2.020 hingga level 2.030. Grafik pada timeframe H1 memperlihatkan emas yang relatif konsolidasi, bergerak dan bertahan di sekitar Exponential Moving Average (EMA)50 dalam rentang yang cukup dekat. Sementara Relative Strength Index yang bergerak di bawah garis 50, mengindikasikan emas rentan untuk koreksi.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.027 dengan target profit di level 2.033 hingga 2.036.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 2.020 dengan target profit di level 2.017 hingga 2.014.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.