Market Outlook Gold (Emas): Selasa, 3 Oktober 2023

0
120

Market Outlook Gold (Emas): Selasa, 3 Oktober 2023
Tren: Bearish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas lanjutkan penurunan untuk hari ketujuh dan sentuh level terendah dalam beberapa bulan terakhir.
Ekspektasi sikap hawkish Federal Reserve, kenaikan yield obligasi AS, dan Dolar AS terus menekan emas.
Sentimen risiko yang gagal menopang emas, dan harga yang Oversold berpotensi batasi penurunan emas.

Outlook:
Emas lanjutkan tren penurunan terbarunya yang telah terbentuk dalam tujuh hari berturut-turut dan turun ke area 1.820, level terendah sejak 9 Maret selama sesi perdagangan Asia. Narasi suku bunga tinggi dalam jangka panjang Federal Reserve (Fed) mendorong yield obligasi AS mencapai level tertinggi beberapa dekade mendukung kenaikan Dolar AS sehingga semakin melemahkan emas.

Investor tampak sangat yakin bank sentral AS akan tetap mempertahankan sikap hawkish nya dan telah memperhitungkan kemungkinan adanya setidaknya satu kenaikan suku bunga lagi menjelang akhir tahun ini. Hal ini diperkuat oleh pernyataan Presiden Fed Cleveland, Loretta Mester, yang mengatakan bahwa risiko terhadap inflasi masih cenderung ke arah kenaikan dan bank sentral AS perlu menjaga suku bunga tetap restriktif untuk mencapai target inflasi 2%.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar saat ini akan mengambil petunjuk arah pasar pada rilis data JOLTS AS, Jumlah lowongan pekerjaan selama bulan September, tidak termasuk industri pertanian, yang memengaruhi pergerakan harga dolar AS dan harga Emas, selain pasar juga memantau kondisi ekonomi Tiongkok dan pasar Obligasi AS.

Peluang Trading:
Latar belakang fundamental masih berpotensi menyeret emas lanjutkan penurunan dan upaya pemulihan yang berarti mungkin masih akan dianggap sebagai peluang untuk menjual, meski secara teknikal, indikator Relative Strength Index (RSI) pada grafik H1 hingga D1 timeframe jangka pendek dan menengah berada di area Oversold, jenuh jual.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 1.812 jika harga menembus ke bawah level 1.815 dengan target profit di level 1.808 hingga level 1.804.
Sementara potensi koreksi untuk penurunan saat ini perlu diwaspadai. Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.823 jika harga kembali naik ke atas level 1.820 dengan target profit di level 1.828 hingga 1.832.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.