Market Outlook Gold (Emas): Senin, 11 Desember 2023

0
83

Tren Gold (Emas) H1: Bearish (Turun)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas lanjutkan penurunan atas kenaikan dolar dan obligasi imbas data non-farm payrolls AS yang positif.
Emas juga dilemahkan oleh buruknya data inflasi tahunan Tiongkok yang memicu kekhawatiran deflasi

Outlook:
Emas masih melemah di perdagangan awal pekan ini, lanjutkan penurunan akhir pekan lalu setelah data tenaga kerja AS yang positif mengangkat yield obligasi dan dolar AS dan menyeret emas.

Harga emas kembali turun di bawah level 2.000, setelah sempat dibuka pada level 2.004 yang mencoba melanjutkan rebound di akhir pekan dan saat ini diperdagangkan di sekitar level 1.995.

Data tenaga kerja AS pada hari Jumat yang positif di November memulihkan dolar dan yield obligasi AS setelah pasar menurunkan ekspektasi untuk pemangkasan suku bunga dari Maret ke Mei.

Fed akan umumkan keputusan suku bunga di pertemuan terakhirnya di tahun ini pada Rabu, di tengah antisipasi pasar bank sentral AS akan menahan suku bunga pada pertemuan di Desember.

Emas juga dilemahkan oleh data Indeks Harga Konsumen (CPI) dan Indeks Harga Produsen (PPI) tahunan Tiongkok yang turun dan lebih buruk dari ekspektasi yang memicu Kekhawatiran deflasi.

Fokus Pasar Hari Ini:
Fokus pasar akan tertuju pada rilis Indeks Harga Konsumen (CPI) AS pada hari Selasa dan dilanjutkan pengumuman pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) pada hari Rabu, informasi penting yang akan menentukan masa depan suku bunga AS.

Peluang Trading:
Data NFP AS yang positif dan turunnya Tingkat pengangguran AS di akhir pekan, masih mendorong dolar dan yield obligasi AS rebound dan meruntuhkan emas. Tapi, kehati-hatian pasar menjelang data inflasi konsumen AS dan hasil pertemuan FOMC pada rabu pekan ini, harga berpotensi bergerak datar.
Emas tampaknya masih melanjutkan penurunan di akhir pekan kemarin. Pada timeframe H1, penembusan Exponential Moving Average (EMA) 50 ke bawah EMA200 data dijadikan indikasi perubahan tren emas setidaknya untuk jangka pendek. Sementara EMA100 yang mulai mendekati EMA200 juga dapat dijadikan petunjuk kelanjutan penurunan emas. Penembusan EMA100 ke bawah EMA200 dan penembusan Indikator Relative Strength Index ke bawah di garis Oversold akan menjadi konfirmasi kelanjutan penurunan emas, setidaknya untuk jangka pendek.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan pada level 1.993 dengan target profit di level 1.989 hingga level 1.986. koreksi lebih lanjut, emas akan turun menuju level 2.010.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.002, jika emas cukup kuat untuk rebound, dengan target profit di level 2.005 hingga level 2.007.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.