Market Outlook Gold (Emas): Senin, 18 Desember 2023

0
61

Tren Gold (Emas) H1: Konsolidasi yang cenderung Bullish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas berjuang untuk pulih di sekitar level 2.020 meski dolar dan pasar obligasi AS melemah.
Pernyataan hawkish pejabat Fed mengenai inflasi dan suku bunga menahan penurunan obligasi.
Data Indeks PMI komposit AS yang positif hari Jumat masih mendukung dolar AS untuk rebound.

Outlook:
Emas tertahan di sekitar level 2.020, berusaha untuk pulih di tengah pemulihan ringan dolar dan yield obligasi AS, didukung oleh data PMI Jasa AS yang kuat membebani logam mulia ini.

Presiden Fed Chicago dan Presiden Fed New York berusaha meredam ekspektasi dengan mengatakan terlalu dini untuk menyatakan kemenangan dalam perang inflasi oleh bank sentral.

Federal Reserve (Fed) menahan suku bunga di 5,50% pada minggu lalu dan sikap dovish Jerome Powell tanpa rencana kenaikan suku bunga pada 2024, masih menopang kenaikan emas.

Indeks PMI Komposit AS yang mencatat kenaikan di laju tercepat dalam lima bulan terakhir, menopang dolar AS rebound dari level terendah multi-bulan, menghalangi kenaikan.

Fokus Pasar Hari Ini:
Tidak ada ekonomi utama yang akan dirilis hari ini membuat para pelaku pasar akan fokus pada pasar obligasi dan pasar ekuitas AS dengan fokus utama di pekan ini pada Personal Consumption Expenditures Price Index (PCE), yang akan dirilis pada hari Jumat.

Peluang Trading:
Dolar dan yield obligasi AS yang masih melemah, sedikit menopang kenaikan emas setelah turun pada akhir pekan kemarin imbas data indeks aktivitas bisnis AS yang relatif positif. Sikap dovish Powell pasca The Fed menahan suku bunga pada pekan lalu masih menjadi harapan bagi emas untuk melanjutkan kenaikan dan membuka peluang BUY Emas untuk jangka menengah. Namun tetap waspadai potensi emas lanjutkan penurunan.
Emas secara teknikal mencatat kenaikan ringan dan tertahan di sekitar level 2.020, di tengah dolar AS yang melemah. Grafik pada timeframe H1 memperlihatkan emas relatif konsolidasi, bergerak di antara Exponential Moving Average (EMA)50 dan EMA200 yang juga bergerak dalam rentang yang cukup dekat. Potensi emas masih berpotensi melanjutkan kenaikan yang diperkuat dengan Relative Strength Index yang mulai bergerak naik menjauhi area Oversold.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.026 dengan target profit di level 2.033 hingga 2.036.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 2.017 dengan target profit di level 2.010 hingga 2.007.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.