Market Outlook Gold (Emas): Senin, 2 Oktober 2023

0
102

Tren / Peluang: Bearish / SELL

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas kehilangan momentum menyusul Dolar AS dan yield obligasi AS yang kembali menguat.
Indeks Harga PCE Inti AS dan RUU guna mencegah penutupan pemerintah menguatkan Dolar AS.
Pasar saat ini akan fokus pada rilis data PMI Manufaktur ISM AS, serta pidato Jerome Powell di pekan ini.

Outlook:
Emas kembali mencatat penurunan untuk hari keenam berturut-turut selama jam perdagangan Asia di awal perdagangan pekan ini, kenaikan dolar AS kembali mempengaruhi harga emas yang saat ini diperdagangkan di bawah level 1.845, sementara Indeks Dolar AS hanya sedikit melemah di bawah 106,00, setelah rebound dari level 105,65 pada hari Jumat.

Indeks Harga PCE tahunan AS yang naik 3,5% di Agustus dari 3,4% pada bulan Juli, dengan Indeks Harga PCE Inti tahunan tumbuh 3,9% dari 4,3% pada bulan Juli, sesuai dengan perkiraan, dan RUU yang disahkan oleh AS untuk mencegah penutupan pemerintah setelah sesi Jumat menguatkan dolar AS dan menekan emas.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar saat ini akan mengalihkan fokusnya pada rilis data PMI Manufaktur ISM AS untuk bulan September yang akan dirilis Senin, hari ini dilanjutkan dengan pidato Ketua Federal Reserve, Jerome Powell, yang juga dapat memberikan petunjuk tentang potensi kenaikan suku bunga. Kenaikan aktivitas manufaktur AS di atas ekspektasi akan mendorong dolar AS untuk mencatat kenaikan. Begitu juga dengan pidato Jerome Powell, jika Powell memberikan isyarat Agresif (Hawkish) terkait kebijakan suku bunga nya, maka akan mendorong dolar AS untuk menguat dan dapat dipastikan akan melemahkan emas.

Peluang Trading:
Data ekonomi di akhir pekan kemarin dan disahkannya RUU anggaran untuk mencegah penutupan pemerintah AS menjadi penggerak kenaikan dolar AS, sehingga melemahkan harga emas. Kenaikan dolar AS dan yield obligasi AS yang berlanjut, akan membawa emas kembali lanjutkan penurunan menuju level Selanjutnya emas berpotensi turun ke level 1.825 hingga ke level 1.820. Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 1.836 dengan target profit dari level 1.831 hingga level 1.824. Sementara potensi rebound untuk koreksi penurunan saat ini dapat emas naik ke level 1.865 hingga ke level 1.870. Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.854 dengan target profit di level 1.862 hingga 1.868.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.