Market Outlook USDJPY: Jumat, 3 November 2023

0
52

Tren USDJPY: Konsolidasi (Datar) Dengan Bias Bearish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
USDJPY masih bergerak dalam kisaran sempit karena kehati-hatian pasar menunggu rilsi data NFP.
Prospek kebijakan Fed-BoJ yang berbeda masih menjadi pendorong kenaikan pasangan USDJPY.

Outlook:
USDJPY lanjutkan konsolidasi sesi kemarin di sekitar level 150.00 pasca penurunan imbas Fed pertahankan kebijakan suku bunga. Pasar tampaknya menahan diri masuk ke pasar secara agresif di tengah ketidakpastian kenaikan suku bunga Federal Reserve (Fed) dan fokus pasar rilis data Nonfarm Payrolls AS.

Bank sentral AS memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan tidak berubah untuk kedua kalinya berturut-turut, meskipun mengakui perlunya kenaikan suku bunga lagi karena ketahanan ekonomi AS yang tidak terduga.

Pernyataan ketua Fed Jerome Powell yang memicu spekulasi bahwa The Fed telah selesai menaikkan suku bunga dan dapat mulai menurunkan suku bunga pada bulan Juni tahun depan menyebabkan yield obligasi AS turun tajam, menahan kenaikan dolar AS dan menghambat kenaikan USDJPY.

Penurunan USDJPY tampaknya terbatas setelah sikap dovish yang diambil oleh Bank of Japan (BoJ), menyusul pernyataan BoJ yang berjanji untuk melanjutkan kebijakan yang sangat akomodatif untuk mendukung ekonomi domestik dan sampai target inflasi 2% tercapai.

Fokus Pasar Hari Ini:
Hari ini fokus pasar akan tertuju pada data Nonfarm Payrolls AS, tingkat pengangguran dan pendapatan rata-rata per jam untuk bulan Oktober. Hasil yang positif untuk masing-masing laporan akan mendorong dolar AS dan kembali mendorong USDJPY kembali menguat.

Peluang Trading:
Sentimen terhadap aset berisiko dapat melemahkan safe-haven Yen Jepang (JPY) dan memberikan dukungan pada pasangan USDJPY yang siap mencatat kenaikan mingguan moderat dan latar belakang fundamental menimbulkan kehati-hatian pasar.
Dari sisi teknikal, grafik pada timeframe H1 menunjukkan USDJPY telah mengalami konsolidasi sejak sesi kemarin dengan Indikator Relative Strength Index menuju level Oversold, mengikuti harga yang juga turun menuju lintasan Exponential Moving Average (EMA) 200 setelah melewati EMA50 dan 100 yang bergerak datar menunjukkan tren konsolidasi dengan bias bearish, setidaknya untuk saat ini.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan pada level 150.16, jika harga menunjukkan penurunan dengan target profit pada level 149.96 hingga level 149.86.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan pada level 150.41 jika USDJPY melanjutkan kenaikan, dengan target profit pada level 150.54 hingga level 150.65.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.