Memantul Naik, Emas Masih Kejar $1800

JAVAFX – Harga emas bergerak lebih tinggi di sekitar puncak intraday pada Kamis (25/11/2021) setelah memantul dari posisi terendah dalam tiga minggu ini. Kondisi pasar yang lesu memicu tarikan balik korektif emas dari bawah. Imbal hasil Obligasi AS gagal mendukung Risalah Fed yang hawkish, data inflasi pada hari Rabu.

Emas memperoleh beberapa daya tarik positif pada hari Rabu dan menjauh dari level terendah baru tiga minggu, di sekitar wilayah $1.779-78 yang disentuh pada hari sebelumnya. Emas mencoba untuk bertahan dengan kenaikan moderatnya, dimana bulls mengincar langkah untuk merebut kembali angka bulat $1.800.

Kenaikan harga emas saat ini didukung oleh beberapa aksi ambil untung dolar AS dari puncak 16 bulan, yang cenderung mendorong arus menuju komoditas berdenominasi dolar. Terlepas dari itu, kekhawatiran tentang dampak ekonomi dari situasi COVID-19 yang memburuk di Eropa semakin menopang harga logam mulia.

Sementara itu, risk appetite yang positif, bersama dengan prospek pengetatan kebijakan awal oleh Fed mungkin menahan pedagang dari menempatkan pembelian emas. Investor tampaknya yakin bahwa Fed akan dipaksa untuk memperketat kebijakan moneternya lebih cepat daripada nanti di tengah meningkatnya tekanan inflasi.

Pilihan ini didorong oleh data Indeks Harga PCE AS yang kuat dan risalah pertemuan FOMC hawkish yang dirilis pada hari Rabu. Ini membuatnya bijaksana untuk menunggu tindak lanjut pembelian yang kuat sebelum mengkonfirmasi bahwa emas telah mencapai titik terendah.

Harga emas akhirnya dapat menghentikan tren turun lima hari saat mencetak kenaikan intraday sebesar 0,25% di sekitar $1.792 hari ini. Sebelumnya, harga turun ke level terendah sejak 4 November sebelum memantul dari $1.778.

Mundurnya imbal hasil Treasury AS dapat dikaitkan dengan rebound emas, dukungan teknis yang kuat di sekitar $1.780 juga memainkan perannya untuk memicu pullback korektif. Yang mengatakan, langkah pemulihan tetap lesu selama Asia karena pasar AS libur karena liburan Hari Thanksgiving dan tidak ada rilis besar dari tempat lain.

Imbal hasil Treasury 10-tahun AS turun 2,2 basis poin (bps) menjadi 1,64% setelah menyegarkan tertinggi bulanan pada hari sebelumnya bahkan ketika Risalah Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) mengatakan, “Beberapa peserta mengatakan taper yang lebih cepat dapat dibenarkan.” Lebih lanjut, Presiden Federal Reserve Bank of San Francisco dan anggota FOMC Mary Daly yang melihat, menurut Reuters, kasus untuk mempercepat penurunan QE dan mengharapkan kenaikan suku bunga pada akhir 2022 juga menggambarkan bias hawkish di The Fed.

Selain itu, angka tertinggi 30 tahun dari pengukur inflasi pilihan Fed, yaitu Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi AS, juga seharusnya mendukung imbal hasil. Indikator inflasi yang disebutkan melonjak menjadi 5,0% YoY di bulan Oktober, melampaui ekspektasi 4,6% dan 4,4% sebelumnya.

Alasan bagi pembeli obligasi untuk mempertahankan kendali dapat dikaitkan dengan ekspektasi inflasi AS yang lesu baru-baru ini, yang diukur dengan tingkat inflasi impas 10 tahun per data Federal Reserve St. Louis yang dinyatakan membalikkan pemantulan hari sebelumnya dari level terendah tiga minggu pada hari Rabu untuk mencetak level 2,61%.

Sementara kesengsaraan inflasi kemungkinan tidak memiliki katalis baru hari ini, pedagang emas dapat mengawasi kesengsaraan covid terbaru, yang jika meningkat dapat menarik komoditas kembali ke support utama. . Setelah Austria dan Belanda, kasus rekor tertinggi di Jerman memicu beberapa peringatan untuk mengingat penguncian dari wilayah tersebut.

“Infeksi virus corona memecahkan rekor di beberapa bagian Eropa pada hari Rabu, dengan benua itu sekali lagi menjadi pusat pandemi yang telah mendorong pembatasan baru pada pergerakan dan melihat para ahli kesehatan mendorong untuk memperluas penggunaan suntikan vaksinasi booster,” kata Reuters.

Kedepannya, ada upaya penerobosan harga ke bawah yang jelas, membebani harga emas selama awal minggu. Kondisi emas yang sudah oversold mendukung tarikan balik dari garis support naik selama dua bulan dan retracement Fibo ke 61,8% dari sisi atas September-November, dekat $1.780. Pergerakan pemulihan tetap sulit dipahami sampai melintasi SMA-200 dan area support-berubah-resistance yang disebutkan di atas, masing-masing di dekat $1,806 dan $1,810-13.

Jika pembeli emas mendominasi melewati $1,813, ayunan tinggi 9 November di sekitar $1,833 akan bergabung dengan puncak yang ditandai pada bulan Juli dan September di dekat $1,834 untuk menawarkan harga yang sulit untuk dipecahkan. Setelah itu, swing low pertengahan November di dekat $1.850 akan menjadi fokus.

Sementara itu, penurunan yang jelas melewati $1.780 akan mengarah ke beberapa posisi terendah di dekat $1.759 sebelum berdesak-desakan dengan beberapa support di dekat $1.748-47. Dalam kasus di mana penjual emas menaklukkan support $1.747, kemungkinan penurunan yang menargetkan terendah September di sekitar $1.721 tidak dapat dikesampingkan.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.