Menghilangnya Kekhawatiran Evergrande, Membuat Emas Terkoreksi

JAVAFX – Kekhawatiran atas Evergrande dan efek penularan secara internasional menghilang dalam semalam dalam sesi yang terkenal karena pelepasan premi risiko pada Dolar AS dan emas. Gubernur Federal reserve Powell mengatakan risiko akan dibendung di China dengan berita yang ditayangkan pers hari ini mengatakan pemerintah tampaknya telah memberi tahu pemerintah daerah untuk bersiap menghadapi keruntuhan Evergrande.

Namun semua itu tampaknya tidak menjadi masalah karena Wall Street menekan tombol beli sampai putus atas saham-saham AS yang menguat dengan kuat. Dalam perkembangan lain yang tidak biasa, meskipun pasar “nyaman” dengan penurunan Fed yang akan datang yang kemungkinan dimulai pada akhir tahun, imbal hasil obligasi AS juga naik secara substansial sepanjang kurva semalam. Jelas beberapa bagian pasar lebih nyaman daripada yang lain.

Tentu saja, setelah diarahkan ke jalur hasil AS yang lebih tinggi sebelumnya, hanya untuk menjadi ngarai kotak. Jika kenaikan imbal hasil AS dipertahankan, akan menarik untuk melihat berapa lama aksi beli ini dapat terus memaksa ekuitas bergerak lebih tinggi.

AS akan membangun kembali neraca anggaran yang lebih baik dimana masalah plafon utang terus bergemuruh di latar belakang, hilang tetapi tidak dilupakan. Komisi Anggaran AS akan bertemu akhir pekan ini mengenai tagihan $3,50 triliun dan perkembangan di depan itu, atau plafon utang belum dapat menyebabkan beberapa volatilitas Senin pagi. Itu mungkin menjelaskan sebagian pemulihan harga emas hari ini, disaat pasar masih menantikan sejumlah besar pembicara Fed yang akan datang, termasuk dari Powell.

Imbal hasil AS melonjak lebih tinggi, seperti halnya saham, tetapi Dolar AS merosot cukup jauh. Indeks dolar jatuh 0,38% menjadi 93,08, melepas kenaikan hari sebelumnya. Beberapa orang menganggapnya sebagai komentar Powell pasca-FOMC bahwa batasan untuk kenaikan suku bunga tinggi, tetapi saya yakin komentarnya yang mengatakan bahwa dampak Evergrande sebagian besar terbatas pada domestik China menyebabkan New York melepaskan premi surga yang dibangun selama minggu ini.

Penurunan persediaan minyak mentah AS, melonjaknya harga gas alam, kesulitan produksi OPEC+, kembalinya produksi AS pra-Ida yang lambat, dan yang paling penting, Dolar AS yang lebih lemah, terus mendukung harga minyak yang mengalami reli semalam yang mengesankan. Minyak mentah Brent dan WTI melonjak 1,80% lebih tinggi menjadi $77,25 dan $73,25 per barel.

Dengan lebih banyak cerita negatif tentang dampak kekurangan gas yang keluar dari Inggris dan Eropa setiap hari, dan dengan pembeli Asia yang menawar kargo gas spot, harga minyak kemungkinan akan tetap kuat sebagai pengganti gas. Setiap aksi jual besar karena semangat spekulatif cenderung berdurasi sangat singkat dan diikuti oleh pemantulan yang sama agresifnya. Harga minyak telah merangkak 10 sen lebih tinggi di Asia, dan seperti biasa, pembeli Asia enggan mengejar harga lebih tinggi, meskipun saya memperkirakan mereka akan berlaku pada setiap penurunan harga yang besar.

Minyak mentah Brent sekarang memiliki $78,00 dalam pandangannya yang membuka jalan untuk menguji $80,00 per barel. Support berada di $77,00 dan $76,10 per barel pada awalnya. WTI memiliki resistensi di $74,25

dan $75,50 per barel. Dukungan muncul di $73,00 dan $71,70 per barel. Satu catatan kehati-hatian untuk reli minyak adalah bahwa indeks kekuatan relatif (RSI) pada kedua kontrak mendekati level overbought. Minyak dapat diperdagangkan menyamping selama beberapa sesi berikutnya untuk mengkonsolidasikan kenaikan, daripada segera naik ke tertinggi baru dari sini.

Sementara harga emas merosot meskipun Dolar AS juga jatuh karena investor buru-buru membatalkan premi risiko Evergrande setelah kata-kata menenangkan dari Jerome Powell. Emas merosot 1,45% menjadi $ 1742,00 per ounce. Di Asia, lindung nilai risiko akhir pekan oleh investor lokal telah melihat emas naik 0,50% menjadi $1751,50 per ounce.

Sebagian besar reli emas baru-baru ini dibangun dari peningkatan pengukur ketakutan yang dipimpin oleh teman-teman kita di China. Tidak mungkin bahwa kisah Evergrande melewati “puncak ketakutan”, dan kita mungkin hanya satu berita utama dari reli surga lainnya. Dengan demikian, emas tidak mungkin untuk menyerah lebih rendah minggu ini. Khususnya, support di $1740,00 per ons bertahan semalaman. Namun, kecuali Evergrande berubah menjadi kekacauan menular, emas tidak mungkin mendapatkan momentum yang cukup untuk merebut kembali $ 1800,00 per ounce.

Diyakini bahwa setiap reli emas minggu ini kehabisan momentum di zona $1780,00, dan $1740,00 per ounce terus mendukung. Penutupan harian di bawah $1740.00 menandakan penurunan lebih lanjut ke $1680.00 minggu depan.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.