Menunggu Pengumuman Perdana Menteri Baru, Sterling Menguat Tipis

Poundsterling pada sesi Eropa bergerak naik tipis setelah sempat turun ke level terendah baru pasca pandemi, ditengah penantian pengumuman Perdana Menteri Inggris yang baru. 

Sterling terjun ke level terendah baru pasca-pandemi pada hari Senin karena Rusia menutup salah satu rute pasokan gas utamanya ke Eropa, menambah kekhawatiran resesi di Inggris. Pound, salah satu mata uang utama dengan kinerja terburuk terhadap dolar tahun ini, turun serendah $ 1,14421 – level terlemah sejak Maret 2020.

Pound telah terpukul oleh prospek ekonomi yang memburuk dan inflasi yang sangat tinggi – sebagian karena melonjaknya harga energi – dan ketidakpastian politik setelah Perdana Menteri Boris Johnson mengumumkan niatnya untuk mengundurkan diri pada bulan Juli. 

Dan penurunan terbaru dalam pound terjadi hanya beberapa jam sebelum Liz Truss diperkirakan akan ditunjuk sebagai pemimpin Partai Konservatif yang memerintah dan perdana menteri Inggris berikutnya. Dia siap untuk mengambil alih kekuasaan pada saat negara menghadapi krisis biaya hidup, kerusuhan industri dan resesi. 

“Jajak pendapat menunjuk dengan mantap dan meningkat pada Liz Truss, sayangnya untuk pound,” kata Ipek Ozkardeskaya, analis senior di Swissquote Bank dalam sebuah catatan, mengutip ketidakpastian seputar rencana Truss untuk meninjau mandat Bank of England. 

“Seiring dengan pemotongan pajak, dan pengeluaran ekstra untuk membekukan tagihan energi misalnya, metrik makro Inggris yang tergagap bisa lebih marah di kuartal mendatang di bawah kepemimpinan Truss,” tambah Ozkardeskaya.

Pound perlahan mencoba naik dan saat ini berada di posisi $1.48800 sambil menunggu pengumuman siapa calon pemimpin Inggris. 

Tampaknya pound masih akan bergerak dinamis menunggu pengumuman tersebut. 

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.