Meski Suku Bunga AS Tidak Negatif, Harga Emas Tetap Naik

JAVAFX – Sebagaimana ditegaskan oleh Gubernur Bank Sentral AS Jerome Powell bahwa Fed tidak akan memperkenalkan suku bunga negatif. Tapi garis pernyataan Powell ini dianggap pasar tidak cukup meyakinkan untuk menakuti harga emas, demikian menurut analis di BMO, yang memperkirakan harga emas tetap akan naik sepanjang sisa tahun ini.

Gold Trading

Colin Hamilton, analis komoditas di BMO Capital Markets, mengatakan bahwa pelonggaran kuantitatif tak terbatas dan suku bunga bertahan pada target nol-terikat untuk masa mendatang yang diperkirakan akan terus mendukung harga emas. “Fed memiliki lebih banyak kartu kebijakan, dan lebih dari bersedia memainkannya untuk mempromosikan pemulihan ekonomi,” katanya. “Secara keseluruhan, dengan Fed masih menawarkan dukungan yang jelas, kami melihat lingkungan masih mendukung kenaikan harga emas.”

Sentimen risk-off yang meningkat di pasar keuangan membantu mendorong harga emas lebih tinggi pada hari Kamis. Emas berjangka Juni lalu diperdagangkan pada $ 1,738.20 per ounce, naik lebih dari 1% pada hari itu.

Pendapat serupa juga datang dari Douglas Porter, kepala ekonom BMO Nesbitt Burns, yang mengatakan bahwa suku bunga negatif mungkin tidak benar-benar membantu merangsang ekonomi AS yang terhenti setelah negara-negara menutup semua bisnis yang tidak penting dan meminta orang untuk tinggal di rumah untuk memperlambat penyebaran virus.

Dia menggambarkan suku bunga negatif sebagai “lubang hitam ekonomi.” “Mereka memiliki tarikan gravitasi yang luar biasa ketika Anda mendekati mereka, mereka mendistorsi segala macam hukum fisik (dan ekonomi) ketika Anda memasukinya dan mereka hampir mustahil untuk melarikan diri,” katanya. “Sementara angka negatif tidak dapat dikesampingkan di A.S., pandangan BMO adalah bahwa mereka hanya boleh digunakan dalam situasi darurat di mana setiap opsi lain telah dikerahkan, termasuk lebih banyak QE.”

Bulan lalu, ketika ekonomi global terus terhuyung dari dampak penyebaran virus corona, BMO meningkatkan perkiraan emasnya untuk tahun ini. Bank mengatakan bahwa mereka melihat harga emas rata-rata tahun ini sekitar $ 1.654. Untuk tahun 2021, analis melihat harga emas rata-rata tahun sekitar $ 1.698.

Dalam webinar hari Rabu yang diselenggarakan oleh Institut Peterson untuk Ekonomi Internasional, Powell tidak ambigu dalam penolakannya mendorong suku bunga ke wilayah negatif. “Tarif negatif adalah sesuatu yang tidak kami pertimbangkan, kami memiliki alat kit yang baik,” katanya. “Alat yang kami gunakan: panduan ke depan dan pembelian aset berfungsi dan itulah yang akan kami gunakan.”