Minyak Lanjutkan Penurunannya, Dekati Level Terendah Minggu Lalu

Harga minyak turun lebih dari $ 1 per barel pada perdagangan di hari Selasa (09/08/2022), mendekati level terendah multi-bulan pekan lalu. Penurunan ditekan oleh kemajuan terbaru dalam pembicaraan untuk menghidupkan kembali perjanjian nuklir Iran 2015, yang pada akhirnya akan memungkinkan Teheran untuk meningkatkan ekspor di pasar yang ketat.

Uni Eropa pada hari Senin telah mengajukan teks “final” untuk menghidupkan kembali kesepakatan itu. Seorang pejabat senior UE mengatakan keputusan akhir tentang proposal tersebut, yang membutuhkan persetujuan AS. dan persetujuan Iran, diharapkan dalam “sangat, sangat beberapa minggu”.

Harga minyak mentah Brent turun $1,34, atau 1,4%, menjadi $95,31 per barel pada 15:15 WIB. Sementara minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) turun $ 1,25, atau 1,4%, menjadi $ 89,51.

Perundingan telah berlangsung selama berbulan-bulan tanpa kesepakatan. Namun, ekspor minyak mentah Iran, menurut pelacak tanker, setidaknya 1 juta barel per hari di bawah tingkat mereka pada 2018 ketika AS saat itu. Presiden Donald Trump keluar dari perjanjian nuklir, sehingga kesepakatan dapat memungkinkan peningkatan pasokan yang cukup besar.

Harga minyak melonjak awal tahun karena invasi Rusia ke Ukraina menambah kekhawatiran pasokan, dengan Brent mencapai $139 pada bulan Maret, mendekati level tertinggi sepanjang masa, pada bulan Maret. Kekhawatiran perlambatan ekonomi telah membebani.

Minyak mentah Brent turun serendah $92,78 pada hari Jumat, terendah sejak Februari, karena peringatan Bank of England pada hari Kamis tentang penurunan yang berlarut-larut meningkatkan kekhawatiran akan melambatnya penggunaan bahan bakar.

Sinyal bearish lainnya muncul dari impor minyak mentah China pada Juli yang turun 9,5% dari tahun sebelumnya, data bea cukai menunjukkan. China adalah importir minyak mentah terbesar di dunia.

Pasar akan mengantisipasi putaran terbaru data mingguan A.S. dimana laporan pasokan minyak, pertama dari American Petroleum Institute pada 03:30 WIB. Analis memperkirakan penurunan kecil 400.000 barel dalam persediaan minyak mentah.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.