Minyak Mentah Mantap Di Level Tertinggi Empat Pekan

Minyak mentah memperpanjang kenaikan pada hari Jumat dan menuju kenaikan mingguan sekitar 7%. Ini berkat membaiknya prospek permintaan minyak dan pemulihan ekonomi yang kuat di China dan Amerika Serikat mengimbangi kekhawatiran tentang lonjakan infeksi COVID-19.

Minyak mentah berjangka Brent naik 30 sen, atau 0,5% menjadi $67,24 per barel, menyusul kenaikan 36 sen pada sesi Kamis. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 28 sen, atau 0,4%, ke level $63,74 per barel, setelah naik 31 sen pada Kamis.

Impor minyak mentah bersih China 2021 diperkirakan tumbuh 3,4% tahun ini dibandingkan 2020 menjadi sekitar 11,2 juta barel per hari, kata satu unit grup minyak dan gas utama China National Petroleum Company. China melaporkan rekor lonjakan pertumbuhan ekonomi 18,3% pada kuartal pertama dari kemerosotan akibat virus korona awal tahun lalu, meskipun laju ekspansi diperkirakan akan melambat di akhir tahun.

Pemulihan ekonomi yang kuat di seluruh dunia dan pembatasan pasokan oleh OPEC dan sekutunya, OPEC+, serta respons yang hati-hati terhadap harga yang lebih tinggi oleh produsen minyak AS mendukung pasar. Semakin lama harga di level tinggi, akan ada lebih banyak pasokan yang kemungkinan kembali ke pasar, dan risiko kasus COVID-19 yang melonjak di tempat-tempat seperti India dan Eropa pada akhirnya dapat menurunkan harga.

India dan negara ekonomi utama di Eropa perlu diperhitungkan untuk melengkapi gambaran permintaan minyak. India menembus 200.000 infeksi setiap hari untuk pertama kalinya pada hari Kamis.

Untuk saat ini, lonjakan kuat dalam penjualan ritel AS, penurunan klaim pengangguran, dan tanda-tanda aktifitas yang mulai kembali di AS mendukung pasar. Trader menantikan peningkatan lalu lintas musim panas yang khas di Amerika Serikat pada bulan Juni hingga Agustus.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Presiden Korea Selatan Dijadwalkan Bertemu Biden di Gedung Putih

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada 21 Mei mendatang akan menjadi pemimpin dunia kedua yang bertemu langsung dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih,...

Biden Teken Perintah Eksekutif Keamanan Siber Pasca Peretasan Colonial Pipeline

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menandatangani perintah eksekutif, Rabu (2/5), terkait peningkatan kemampuan keamanan siber federal, termasuk standar keamanan digital di seluruh sektor...

Saat Pasar Fokus Pada Inflasi, Dolar AS Tertahan Retorika Fed

Dolar AS tidak dapat berbuat banyak, dan harus ikhas tertahan tidak jauh dari level terendah tahun ini atas masih setianya para pelaku pasar terhadap Federal Reserve yang akan tetap teguh pada pengaturan kebijakan yang kendur menjelang data inflasi tahunan AS yang diperkirakan akan menunjukkan kenaikan tajam.

Presiden Korea Selatan Dijadwalkan Bertemu Biden di Gedung Putih

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada 21 Mei mendatang akan menjadi pemimpin dunia kedua yang bertemu langsung dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih,...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502