Minyak Mentah Naik Atas Optimisme Pemulihan Ekonomi Global

Harga Minyak mentah naik tipis pada sesi Selasa pagi di Asia atas optimis pasar terhadap kelanjutan pemulihan ekonomi di kawasan seperti Eropa dan AS akan meningkatkan permintaan bahan bakar. Namun, jumlah kasus COVID-19 yang terus meningkat di wilayah lain membatasi kenaikan pada emas hitam tersebut.

Uni Eropa berencana untuk melonggarkan pembatasan pada puncak perjalanan musim panas yang akan datang, sementara negara bagian di sekitar wilayah New York di AS akan mencabut sebagian besar pembatasan kapasitas COVID-19 pada bisnis.

Minyak mentah berjangka Brent naik tipis 0,03% menjadi $67,58. Sementara minyak WTI berjangka naik tipis 0,02% menjadi $64,50.

Minyak telah melonjak pada 2021 atas investor bertaruh bahwa vaksinasi COVID-19 akan membantunya kembali ke level sebelum COVID-19. Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell juga mengatakan pada hari Senin bahwa pemulihan ekonomi AS “membuat kemajuan nyata.” Meski beliau memperingatkan bahwa jalan menuju pemulihan masih panjang.

Di sisi pasokan, Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutu (OPEC+) akan disambut oleh kekuatan pasar sejauh ini di bulan Mei setelah mengurangi pengurangan produksi. Irak, produsen terbesar kedua kartel itu, memperkirakan harga bahan bakar akan tetap sekitar $65 per barel dalam beberapa bulan mendatang.

Pasar saat ini tengah menantikan data persediaan minyak mentah AS dari American Petroleum Institute, yang akan dirilis hari ini.

Namun, di Asia, jumlah kasus COVID-19 yang terus melonjak terus membayangi pasar. Jumlah kasus di India, importir minyak terbesar ketiga secara global, mencapai 19,9 juta pada 4 Mei, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Di tempat lain di Asia, negara-negara termasuk Jepang, Thailand, Laos, Nepal dan Bhutan telah melaporkan jumlah kasus COVID-19 yang meningkat secara signifikan selama beberapa minggu terakhir.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Iran Siap Kerja Sama Dengan IAEA, Harga Minyak Makin Kuat

JAVAFX - Presiden Iran mengatakan bangsa mereka mungkin mempertimbangkan untuk memperluas kerjasama dengan the International Atomic Energy Agency (Badan Energi Atom Internasional ) untuk...

Biden Tunjuk Rahm Emanuel Sebagai Dubes AS untuk Jepang

Joe Biden telah memilih Rahm Emanuel, mantan wali kota Chicago dan kepala staf Gedung Putih di bawah pemerintahan Barack Obama, sebagai duta besar AS...

Harga Minyak Naik Dibayangi Kekhawatiran Permintaan

JAVAFX - Meskipun minyak mengalami kenaikan yang signifikan selama beberapa minggu terakhir, ketidakpastian permintaan terus mempengaruhi harga. Merebaknya gelombang kedua virus Covid-19 baru di...

Dolar AS Melemah, Emas Siap Lakukan Sprint Ke 1900

JAVAFX - Laju kenaikan lanjutan Emas kini mengincar harga $1900 per troy ons karena pantulan dolar AS memudar setelah data NFP yang dirilis pada...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502