Minyak Mentah Turun Imbas Peningkatan Pasokan Minyak Mentah

Minyak turun sejak perdagangan Kamis pagi di Asia, melanjutkan tren penurunannya menyusul data resmi terbaru mengkonfirmasi peningkatan pasokan minyak mentah AS.

Minyak berjangka Brent turun tipis 0,18% menjadi $77,95 dan WTI berjangka turun tipis 0,03% menjadi $74,81. Namun, baik Brent dan WTI berjangka berhasil mencatat kenaikan kecil sejak pembukaan.

Setelah dua hari penurunan harga, beberapa pelaku pasar dapat mencari level resistensi berikutnya untuk ditembus setelah Brent berjangka naik di atas $80 untuk pertama kalinya di sekitar tiga tahun terakhir pada hari Selasa.

Data pasokan minyak mentah AS Administrasi Informasi Energi AS, yang dirilis pada hari Rabu, menunjukkan peningkatan sebesar 4,578 juta barel di pekan hingga 24 September. Angka ini kontras dengan perkiraan ekonom yang justru memperkirakan penurunan sebesar 1,652 juta barel.

Data pasokan minyak mentah dari American Petroleum Institute, yang dirilis sehari sebelumnya, menunjukkan peningkatan 4,127 juta barel. Peningkatan itu terjadi ketika produksi AS kembali ke level kurang lebih sebelum hantaman Badai Ida yang melanda kawasan Teluk Meksiko pada akhir Agustus 2021, dengan produksi naik menjadi 11,1 juta barel per hari pekan lalu.

Di sisi produksi, Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya (OPEC+) secara luas diperkirakan akan mempertahankan kesepakatan yang menambah 400.000 barel per hari (bph) terhadap produksinya untuk November pada pertemuan berikutnya pada 4 Oktober.

Di Asia Pasifik, krisis listrik yang berkembang dan kekhawatiran pasar perumahan di China terus menjadi perhatian pasar. Menurut para analis, kejatuhan ekonomi apa pun di negara importir minyak mentah terbesar dunia itu akan berdampak pada permintaan bahan bakar.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.