Musim Laporan Pendapatan: 3 Langkah Memanfaatkannya

Musim pendapatan bisa menjadi waktu yang tepat bagi trader untuk mendapatkan wawasan tentang investasi ekuitas mereka, serta mendapatkan keuntungan dari volatilitas jangka pendek. Namun, untuk memaksimalkan peluang perdagangan ini, ada beberapa pertimbangan utama yang harus dibuat sebelum menyelami. Baca tiga langkah yang harus diikuti saat menggunakan laporan pendapatan untuk perdagangan Anda.

Laporan Pendapatan

3 Langkah Menggunakan Laporan Pendapatan Dalam Perdagangan Anda

Mempersiapkan musim laporan pendapatan melibatkan pemilihan perusahaan untuk fokus dan melakukan penelitian menyeluruh di pasar sebelum mengeksekusi perdagangan.

1. Pilih Perusahaan untuk Fokus

Langkah pertama adalah memilih saham untuk diperdagangkan selama periode tersebut. Dianjurkan bagi trader untuk mencari sejumlah kecil perusahaan, mungkin saham yang sudah mereka kenal atau sudah berdagang dan mencari tahu tanggal di mana pendapatan mereka akan dirilis. Saham-saham penggerak besar patut diselidiki, apakah seseorang memperdagangkannya atau tidak, karena hasilnya dapat memengaruhi industri yang lebih luas.

Saat memutuskan saham yang akan dibeli, trader harus memahami bahwa hubungan antara hasil pendapatan dan reaksi harga berikutnya tidak selalu seiring jalan. Meskipun pendapatan yang lebih baik dari perkiraan umumnya bullish, mereka tidak selalu berarti kenaikan harga langsung dan sebaliknya juga berlaku. Contohnya dapat dilihat di bawah ini, dengan pendapatan Walmart yang kuat di Q3 2018 gagal menarik minat pelaku pasar.

Meskipun menggembirakan, laporan triwulanan lebih dari hasil kuartal terakhir dibandingkan dengan ekspektasi. Memang, analis sering lebih peduli dengan ekspektasi masa depan perusahaan karena harga adalah metrik pergerakan ke depan, dengan pendapatan masa depan dihitung dalam harga saat ini.

Dengan pemikiran tersebut, akan menjadi lebih masuk akal ketika investor menghindari saham dengan hasil yang kuat untuk kuartal terakhir, tetapi prospek masa depan yang buruk. Prospek yang lebih lemah dapat secara serius melemahkan penilaian saham saat ini, terlepas dari kinerja masa lalu, sebuah fakta yang terlalu sering disadari selama musim laba.

2. Lakukan Riset Anda

Melakukan riset saham dengan benar akan melibatkan pandangan taksiran pendapatan untuk saham pilihan Anda dan bagaimana perbandingannya dengan ekspektasi analis. Selain itu, trader harus memastikan bahwa mereka melihat angka-angka historis untuk mengetahui bagaimana pasar menanggapi rilis di masa lalu.

Sementara musim pendapatan biasanya dianggap sebagai hasil untuk satu saham, musim secara keseluruhan juga dapat menawarkan poin penting.

Informasi ditawarkan pada basis khusus perusahaan, tetapi tema umum dapat menjadi benar secara keseluruhan. Hambatan seperti virus korona, ketegangan geopolitik, ketidakpastian peraturan, atau siklus dapat menjadi kombinasi membentuk gelombang kekhawatiran di seluruh sektor jika cukup sering dikutip.

Trader harus menyelidiki bagaimana angin hambatan seperti itu berdampak pada satu sektor atau saham dibandingkan dengan yang lain. Misalnya, sementara banyak industri menderita selama wabah virus korona, Maret 2020 memperlihatkan operator kapal tanker yang berbasis di Yunani Top Ships Inc (TOPS) mengalami lonjakan permintaan produk di berbagai bidang seperti persediaan pembersih dan produk kertas yang menyebabkan peningkatan persyaratan pengiriman. Hal ini pada gilirannya menciptakan volume dan volatilitas perdagangan yang lebih tinggi.

Efek hambatan ini juga telah terlihat, misalnya, dengan Brexit saat perusahaan menunda pengeluaran modal sampai pesanan pasca-Brexit dibuat dan lingkungan bisnis stabil. Demikian pula, seringnya menyebutkan hambatan terkait perdagangan telah berhasil merusak berbagai sektor dari semikonduktor hingga kebutuhan pokok konsumen di AS di tengah perang perdagangan AS-China, dibuktikan dalam grafik di atas dengan melonjaknya penyebutan ‘tarif’ dalam laporan pendapatan untuk perusahaan di S&P 500.

Meskipun masalah ini mungkin tidak membuat saham mendapatkan laba negatif sendirian (seperti yang ditunjukkan contoh TOPS), performanya di seluruh pasar dapat mengisyaratkan peresapan mereka dan tekanan ke bawah yang lebih luas yang dapat mereka berikan pada outlook dan penilaian. Akibatnya, trader harus memantau keluhan umum di antara perusahaan karena dapat membantu menginformasikan strategi makroekonomi mereka yang lebih luas karena bukti anekdot dibangun untuk membentuk ancaman nyata terhadap indeks yang lebih luas.

3. Rumuskan Strategi Perdagangan – dan Ikuti

Merumuskan strategi perdagangan untuk musim pendapatan harus mencakup metodologi untuk masuk dan keluar, target laba, waktu yang dihabiskan untuk perdagangan dan rencana manajemen risiko. Laporan pendapatan perdagangan itu sulit dan berisiko. Bagi sebagian orang, berdagang di sekitar peristiwa itu mungkin tidak sesuai dengan profil risiko mereka. Dengan demikian, setiap posisi yang diambil harus terlindungi secara memadai dan termasuk penghentian. Konon, volatilitas dapat menciptakan keadaan unik, matang dengan peluang untuk beberapa strategi khusus.

Saat merumuskan strategi untuk musim pendapatan, trader harus menyadari bahwa pendapatan triwulanan mampu secara serius mencabut tren harga yang sedang berlangsung karena jarang dan penting. Hal ini menyebabkan para trader mengambil posisi untuk perubahan harga yang parah – dibuktikan dengan peningkatan volatilitas tersirat.

Karena sangat sulit bagi investor rata-rata untuk meramalkan dengan benar bagaimana kinerja perusahaan – tidak peduli dampak akhir pada harga sahamnya – rasio laba-risiko memasuki posisi segera sebelum laporan bisa saja melenceng. Jika sarana investasi pilihan dipengaruhi oleh volatilitas tersirat, efeknya pada posisi dapat menjadi sangat akut karena volatilitas tersirat tetap tinggi sampai hasilnya dirilis tetapi biasanya runtuh dengan cepat setelahnya sehingga menghasilkan apa yang dikenal sebagai ‘IV Crush’.

IV Crush adalah, seperti namanya, ketika volatilitas suatu saham yang tersirat turun secara signifikan, biasanya karena ketidakpastian telah berlalu. Pembalikan tiba-tiba dalam volatilitas tersirat sering kali disertai dengan volatilitas yang terealisasi, meski tidak selalu.

Perbedaan antara volatilitas tersirat dan terealisasi memungkinkan beberapa strategi perdagangan unik seperti strategi straddles dan strategi strangles yang berusaha memanfaatkan volatilitas absolut dari kontrak opsi atau straddles dan strangles pendek yang bertujuan untuk memanfaatkan IV crush.

Straddles

Straddles melibatkan pembelian opsi call (beli) dan put (jual) secara bersamaan dengan harga kesepakatan yang sama (harga tetap di mana pemegang opsi dapat membeli atau menjual), dan tanggal kedaluwarsa yang sama. Ketika diterapkan pada pendapatan, trader mungkin mengangkangi sebelum rilis dan dapat mengambil untung baik dari kenaikan atau penurunan harga saham, selama harga saham menyimpang dari harga kesepakatan dengan jumlah yang lebih besar dari total biaya premium. Ini berpotensi membuat straddle menjadi pilihan yang layak jika trader berpikir volatilitas absolut akan tinggi tetapi tidak yakin arah pergerakannya.

Bagan di bawah ini menunjukkan rilis pendapatan Apple Agustus 2019 mendorong lebih banyak perdagangan dan volatilitas absolut yang lebih tinggi, seperti yang ditunjukkan oleh indikator Volume dan Average True Range masing-masing, mewakili contoh hasil yang berpotensi menguntungkan untuk strategi straddle.

Straddle pendek melibatkan penjualan opsi beli dan beli dengan harga kesepakatan dan tanggal kedaluwarsa yang sama. Pergerakan ini sering kali cocok untuk contoh ‘IV crush’ ketika trader yakin harga tidak akan bergerak terlalu banyak selama kontrak opsi.

Strangles

Strangles mirip dengan straddles, dan juga dapat memiliki rute yang panjang dan pendek. Tapi sementara straddle memiliki harga kesepakatan yang sama untuk call dan put option, strangles memiliki harga kesepakatan yang berbeda. Strangles berpotensi menjadi pilihan yang layak jika trader yakin saham memiliki lebih banyak peluang untuk bergerak ke satu arah daripada yang lain setelah laporan pendapatan, tetapi masih mencari perlindungan jika posisi mengalami perubahan harga yang berlawanan.

Musim Penghasilan Perdagangan: Poin-Poin Penting

Saat perdagangan musim pendapatan, mungkin ada periode ketidakpastian dan volatilitas ekstrem di depan. Ini membuat memilih saham yang tepat, penelitian latar belakang yang menyeluruh, dan manajemen risiko utama yang cerdas untuk menavigasi periode sesuai rencana – serta menerapkan strategi perdagangan yang tepat. Dengan hal-hal ini, trader dapat memaksimalkan peluang sukses mereka dan semoga membawa beberapa pengetahuan penting ke musim pendapatan berikutnya.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden Teken Perintah Eksekutif Keamanan Siber Pasca Peretasan Colonial Pipeline

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menandatangani perintah eksekutif, Rabu (2/5), terkait peningkatan kemampuan keamanan siber federal, termasuk standar keamanan digital di seluruh sektor...

Harga Minyak Naik Dibayangi Kekhawatiran Permintaan

JAVAFX - Meskipun minyak mengalami kenaikan yang signifikan selama beberapa minggu terakhir, ketidakpastian permintaan terus mempengaruhi harga. Merebaknya gelombang kedua virus Covid-19 baru di...

Twitter Tutup Akun yang Bagikan Pernyataan Trump

Twitter Inc minggu ini menangguhkan sejumlah akun yang dibuat untuk membagikan pernyataan dari bagian baru situs web mantan Presiden AS Donald Trump. Perusahaan itu mengatakan...

Biden Dorong Rencana Pemulihan Ekonomi untuk Atasi Lambatnya Pertumbuhan Kerja

Presiden Amerika Joe Biden akan bertemu dengan para anggota Senat minggu ini untuk mencari kesamaan dalam rencana pemulihan ekonominya, yang mencakup pengeluaran untuk infrastruktur,...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502