Nasib Dolar Ditangan FED, Emas Siap Bereaksi

JAVAFX – Hari ini, Federal Reserve akan mempublikasikan hasil pertemuan yang dijadwalkan selama dua hari, dimana Gubernur Bank Sentral AS, Jerome Powell akan menyampaikan konferensi pers 30 menit sesudah pertemuan ini berakhir. Pasar memperkirakan tidak ada perubahan dalam tingkat atau program stimulus, namun demikian kisi-kisi dari proyeksi ekonomi yang disampaikan akan sangat berarti.

Investor dan pedagang akan mengamati dengan cermat bagaimana penilaian Fed terhadap prospek pemulihan ekonomi akan berubah. Pada bulan Juni, ketika komite menerbitkan perkiraan kuartalan, ada harapan untuk pemulihan bertahap. Namun, setelah itu, jumlah infeksi baru melonjak hingga lebih dari dua kali lipat dari jumlah tertinggi pada April. Akibatnya, pencabutan pembatasan macet dan dalam beberapa kasus diperketat lagi. Semua ini berjanji untuk menambah ketidakpastian pada perkiraan atau pengurangannya.

Gold Trading

Pasar utang memberi perhatian sama besar pada peristiwa ini. Dalam beberapa hari terakhir telah ada pembicaraan lebih banyak tentang Dolar kehilangan “hak istimewa selangitnya”.

Sejak 1960-an, istilah ini telah digunakan untuk menggambarkan keuntungan bagi status mata uang cadangan dolar AS. Status ini telah membantu menempatkan obligasi pada tingkat yang lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara pesaing selama bertahun-tahun dan untuk memenuhi permintaan tinggi dan likuiditas kelas satu secara konsisten. Tidak boleh dilupakan bahwa hasil surat berharga pemerintah Amerika lebih tinggi daripada di banyak negara Eropa dan Jepang. Ini mengkhawatirkan karena negara perlu meminjam triliunan dolar di pasar. Adalah kekuatan Fed untuk mendukung harga obligasi, sehingga mengurangi imbal hasil dan biaya layanan utang mereka.

Hal yang paling menarik masih menyangkut dinamika Dolar. Sejak awal Juli, Dolar AS telah menunjukkan penurunan hampir setiap hari terhadap pesaing utamanya. Pada grafik jangka panjang, EURUSD telah mendekati level resistance dari tren turun sejak 2011. Pertumbuhan stabil di atas level saat ini dalam bentang harga 1.1750-1.1800 dapat menjadi sinyal dimulainya perpanjangan jangka panjang, seperti di periode 2000 hingga 2008.

Tanpa perhatian The Fed terhadap topik pelemahan dolar, dorongan pertumbuhan EURUSD mungkin membawanya ke 1.2000 pada Agustus dan ke 1.2500 pada akhir tahun. Sulit untuk menganggap serius diskusi ini bermanfaat bagi perusahaan-perusahaan Amerika. Bagaimanapun, AS adalah importir bersih dengan defisit perdagangan besar. Penurunan Dolar yang stabil dapat dengan cepat berubah menjadi tekanan di pasar utang AS, yang akan menempatkan Treasury dalam posisi yang menantang.

Jika The Fed menyinggung hal ini, Powell tengah mencoba meyakinkan dunia atas stabilitas AS. Dikombinasikan dengan penjualan Dolar AS yang terlalu panas dalam beberapa minggu terakhir, ini bisa mengarah pada berbalik arahnya kepercayaan diri pasar pada Dolar ke 1,1000. Skenario ini dipandang sebagai yang paling mungkin, karena akan memungkinkan Departemen Keuangan AS membeli waktu untuk putaran baru peminjaman di pasar utang. EURUSD tidak mungkin kembali ke, atau di bawah 1,07 kecuali ada pengulangan bencana pasar Maret ketika permintaan untuk Dolar menyapu semua yang ada di jalurnya.

Sementara itu, volatilitas perdagangan pada emas akan membuat harga cenderung naik. Sebagaimana yang kita lihat dalam perdagangan saat ini. Dalam sesi kemarin, tampak seolah-olah aksi ambil untung itu dimulai dengan – $ 73 penurunan dari tertinggi sesi $ 1980. Namun, ayunan yang kembali lebih tinggi ke penutupan membuat reli pada titik yang menarik.

Reaksi ke penutupan tadi malam akan menunjukkan bahwa kenaikkan tidak cukup siap untuk menyerah. Meskipun demikian, grafik harian menunjukkan penutupan positif lainnya tadi malam dan kenaikan lebih tinggi yang berlanjut. Namun, momentum sangat melebar pada basis jangka pendek (RSI di pertengahan 80-an adalah rekor level).

Ini membuat sentiment positif emas sempat jatuh dan berisiko dalam area aksi ambil untung di waktu dekat. Sebagaimana tercermin dalam sinyal momentum pada grafik per jam, yang menunjukkan hilangnya dorongan.

Semua ini terjadi menjelang pertemuan FOMC malam ini membuat para pedagang dalam posisi yang sulit. Sementara emas terus bergerak naik, sulit untuk kembali melawan pelarian, tetapi begitu ada langkah yang menentukan untuk mengambil keuntungan, mungkin juga ada retracement yang cukup besar (yang akhirnya akan kita lihat sebagai kesempatan lain untuk membeli).

Pasar berusaha bertahan di atas $ 1907 dan dengan level support yang kokoh di $ 1898. Kita masih melihat bahwa $ 1930 juga dapat dilihat sebagai ukuran jangka pendek untuk terjadinya kenaikan. Resistensi akan menghadang di $ 1963 yang bila ditembus akan membuat emas bisa kembali mengarahkan diri ke $ 1980.