Negara-negara Uni Eropa Menyetujui Anggaran Stimulus $2,1 Triliun

JAVAFX – Setelah pertemuan reli yang melelahkan akhirnya para pemimpin negara-negara Uni Eropa dapat bernafas lega setelah mencapai kesepakatan atas anggaran 1,8 triliun euro atau sebesar $2,1 triliun yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Selasa kemarin. Akhirnya terjadi kesepakatan setelah empat hari berdebat dan berselisih tentang uang dan kekuasaan di salah satu dari mereka.

Sebelumnya para pemimpin negara-negara Uni Eropa terus-menerus diingatkan akan potensi medis dan ancaman ekonomi yang ditimbulkan oleh virus di benua Eropa, dan dengan enggan berkomitmen pada paket bantuan besar-besaran bagi mereka yang paling terpukul oleh pandemic.

Untuk menghadapi krisis terbesar dalam sejarahnya, Uni Eropa akan membentuk dana coronavirus senilai 750 miliar euro, sebagian didasarkan pada pinjaman Bersama, untuk dikirim sebagai pinjaman dan bantuan ke negara-negara yang paling terpukul.

“Orang sering menuduh Eropa terlalu sedikit, terlalu terlambat. Di sini kami mendemonstrasikan yang sebaliknya, ”kata von der Leyen. “Ini adalah catatan mutlak untuk instrumen anggaran baru.”

Bahkan jika kesepakatan hari Selasa adalah lompatan besar ke depan, Parlemen Eropa, yang menyebut langkah negara-negara anggota terlalu takut mempertimbangkan tantangan, masih harus menyetujui kesepakatan itu.

“Situasi luar biasa menuntut upaya luar biasa,” kata Merkel ketika para pemimpin terus maju dengan salah satu puncak terpanjang blok itu. Apa yang direncanakan sebagai KTT dua hari yang dijadwalkan berakhir Sabtu dipaksa menjadi dua hari ekstra oleh perbedaan ideologis yang mendalam di antara 27 pemimpin.

Virus corona telah mengirim Uni Eropa ke kejatuhan, menewaskan sekitar 135.000 warganya dan memasukkan ekonominya ke dalam kontraksi yang diperkirakan sebesar 8,3% tahun ini. Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez bersikeras bahwa adopsi rencana ambisius diperlukan, dengan krisis terus mengancam benua itu.

Perundingan paket stimulus Uni Eropa ini telah menjadi sorotan pelaku pasar keuangan dunia dan hasilnya membuat

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Fundamental Masih Optimis, Emas Kok Malah Bearish

JAVAFX - Emas telah kehilangan hampir $ 100 dalam sepekan terakhir karena harga jatuh ke $ 1.720, dan mencapai posisi terendah baru delapan bulan....

Harga Emas Terbenam Ditengah Prospek Ekonomi Yang Membaik

Harga emas kembali tertekan aksi jual pada perdagangan New York hari Kamis, ditengah merosotnya indeks saham AS karena imbal hasil obligasi terus melonjak ke...

Pemerintahan Biden distribusikan lebih dari 25 juta masker

Pemerintahan Biden akan mengirimkan lebih dari 25 juta masker ke pusat kesehatan masyarakat maupun dapur umum pada musim semi ini sebagai bagian upaya dari...

Pemblokiran Akun Trump: Dewan Pengawas Facebook Terima Banding dari Pengguna

Dewan pengawas Facebook Inc. telah menerima “pernyataan pengguna” untuk kasus yang sedang diputuskan tentang apakah perusahaan media sosial itu benar dalam menangguhkan tanpa batas waktu...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502