NFP Diprediksi Naik 145K, Jika Sesuai Perkiraan Apakah Bisa Pulihkan Dolar?

JAVAFX – Data tenaga kerja AS atau yang dikenal dengan Non-Farm Employment Change atau Non-Farm Payroll bulan September akan dirilis Jumat malam ini. Para pengamat memprediksi ekonomi AS akan menghasilkan sebanyak 145.000 pekerjaan baru atau meningkat dari pertumbuhan dibulan sebelumnya 130.000. Sebagaimana diketahui data NFP menjadi sentimen yang kuat terhadap pergerakan di pasar global.

Bagaimana jika data NFP naik sesuai perkiraan?
Dolar yang dalam tiga hari terakhir tertekan melemah oleh laporan data ekonomi AS yang suram bisa menguat balik atau berpotensi pulih dari tekanan sebelumnya. Saat ini indeks dolar AS (DXY) berada di posisi 98.80an, sempat turun ke level terendah hari Kamis di 98.64 dari level tertinggi 99.67.

Gold Trading

Namun para pelaku pasar tampak sudah merespon negatif laporan data indeks manufaktur dan non-manufaktur serta data pekerjaan swasta yang lebih lemah pada minggu ini.
Apakah dolar dapat pulih karena data NFP yang positif, atau hanya sekedar mengurangi penurunan sebelumnya?

Bagaimana jika data NFP dirilis dibawah 145.000 atau lebih buruk lagi jika dibawah angka bulan sebelumnya 130.000? maka pelemahan dolar dapat terus berlanjut