OJK kembangkan "innovation hub" fintech

Jakarta (ANTARA News) – Otoritas Jasa Keuangan mengembangkan “innovation hub” atau pusat inovasi yang berfokus mendiskusikan perkembangan industri layanan keuangan berbasis teknologi (financial technology/fintech).

“Innovation hub menjadi titik singgung yang utama, terutama dengan semua inkubator, agar fintech berkembang di Indonesia,” kata Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Rahmat Waluyanto di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat.

Pemahaman dan diskusi mengenai perkembangan industri fintech diharapkan mampu berdampak positif bagi upaya memperluas akses layanan sektor jasa keuangan kepada masyarakat.

“Beberapa hal yang perlu disinggung seperti apa yang harus dilakukan untuk program inklusi keuangan, regulasi terkait infrastruktur teknologi, tanda tangan digital, pajak, investasi asing, dan lain-lain,” ucap Rahmat.

Selain pusat inovasi, OJK juga telah meresmikan pembentukan Forum Pakar Fintech (Fintech Advisory Forum) sebagai wadah pengembangan arah industri layanan keuangan berbasis teknologi.

Forum Pakar Fintech beranggotakan individu-individu dari 21 entitas seperti kementerian, lembaga, asosiasi, universitas, dan perusahaan pelaku usaha terkait.

Komite tersebut akan memberikan rekomendasi dan masukan sekaligus memfasilitasi koordinasi antarlembaga dengan pelaku start-up fintech.

Sebagaimana diketahui, Asosiasi Fintech Indonesia mencatat hanya terdapat empat perusahaan fintech di 2006. Pada kurun 2015-2016, tercatat terdapat 165 perusahaan rintisan fintech yang terdaftar di OJK.

Pelaku fintech di Indonesia tersebut sekitar 43 persen bergerak di sektor pembayaran, 17 persen layanan pinjam meminjam langsung berbasis teknologi informasi, dan sisanya berbentuk agregator, crowdfunding, dan lain-lain.

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2017




Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.