Oversold, Harga Minyak Berbalik Naik Kembali

JAVAFX – Harga minyak meningkat dari level terendah dalam satu tahun menjadi $ 50 per barel. Kenaikan terjadi disaat Arab Saudi menghadapi perlawanan Rusia dalam upaya untuk pengurangan produksi lebih lanjut untuk memerangi penurunan permintaan yang didorong oleh merebaknya wabah virus Corona.

Diperdagangan berjangja New York, harga emas yang telah mengisyaratkan kondisi oversold atau jenuh jual setelah turun lebih dari 20% sejak awal Januari di tengah berlimpahnya pasokan dan penurunan permintaan. Dorongan Arab Saudi untuk pengurangan output yang lebih dalam untuk memerangi penurunan konsumsi karena wabah korona sedang diterima dengan hati-hati oleh Rusia, yang anggarannya lebih tahan terhadap harga yang lebih rendah.

BP, salah satu produsen minyak dunia memperkirakan krisis akan menghapus sepertiga dari pertumbuhan permintaan minyak global tahun ini, meskipun analisis internal OPEC menunjukkan penurunan moderat sekitar 400.000 barel per hari selama sekitar enam bulan. Di A.S., sebuah laporan industri menunjukkan ekspansi stok minyak mentah, menambah kekhawatiran tentang konsumsi yang lemah.

“Sementara harga naik hari ini setelah aksi jual, minyak mentah kemungkinan akan terus jatuh karena kekhawatiran permintaan sampai coronavirus mereda atau OPEC + melakukan pengurangan pasokan,” kata Vandana Hari, pendiri Vanda Insights di Singapura. “Menunggu virus mereda mungkin terbukti mahal bagi OPEC dan sekutunya.”

Minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman Maret bertambah 17 sen, atau 0,3%, menjadi $ 49,78 per barel di New York Mercantile Exchange pada 7:53 di London. Kontrak tersebut turun 50 sen menjadi $ 49,61 pada hari Selasa, terendah sejak Januari 2019.

Sementara harga minyak mentah Brent untuk penyelesaian di bulan April naik 0,4% menjadi $ 54,20 per barel di ICE yang berbasis di London. Minyak mentah acuan global diperdagangkan dengan premi $ 4,23 kepada WTI untuk bulan yang sama.

Arab Saudi mendorong pengurangan produksi setidaknya 500.000 barel per hari dan bahkan hingga dua kali lipat dari jumlah itu, menurut beberapa delegasi OPEC +. Pakar teknis dari kelompok itu akan bertemu lagi pada hari Rabu untuk menganalisis dampak krisis terhadap permintaan minyak yang dapat membantu menentukan apakah aliansi mengadakan pertemuan menteri yang mendesak akhir bulan ini.

American Petroleum Institute melaporkan stok minyak mentah AS naik sekitar 4,2 juta barel pekan lalu, menurut orang yang mengetahui data tersebut. Angka pemerintah yang akan dirilis Rabu diperkirakan menunjukkan kenaikan 3 juta barel, menurut survei Bloomberg.

Analisa Fundamental

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Biden Teken Perintah Eksekutif Keamanan Siber Pasca Peretasan Colonial Pipeline

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menandatangani perintah eksekutif, Rabu (2/5), terkait peningkatan kemampuan keamanan siber federal, termasuk standar keamanan digital di seluruh sektor...

Saat Pasar Fokus Pada Inflasi, Dolar AS Tertahan Retorika Fed

Dolar AS tidak dapat berbuat banyak, dan harus ikhas tertahan tidak jauh dari level terendah tahun ini atas masih setianya para pelaku pasar terhadap Federal Reserve yang akan tetap teguh pada pengaturan kebijakan yang kendur menjelang data inflasi tahunan AS yang diperkirakan akan menunjukkan kenaikan tajam.

Biden Umumkan Cara Baru untuk Dorong Vaksinasi

Presiden AS Joe Biden, Selasa (11/5) mengumumkan cara baru untuk membantu lebih banyak orang Amerika memperoleh vaksin terhadap pandemi virus corona. Gedung Putih mengatakan bahwa...

Biden yakin konflik Israel-Palestina segera berakhir

Presiden Amerika Serikat Joe Biden, pada Rabu (12/5) menyampaikan harapannya agar rentetan kekerasan antara Israel dan Palestina akan segera berakhir. Harapan itu ia nyatakan setelah...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502