Pasar Komoditi: Emas Dan Potensi Bullish Pasca Data Inflasi AS

Sejauh ini harga emas masih terus berkutat di dekat level terendahnya dalam tiga bulan terakhir, melanjutkan aksi jual yang telah terbentuk sepanjang minggu ini, karena permintaan safe-haven dolar AS yang masih belum goyah.

Terlepas dari penurunan terbaru dalam dolar, momentum bullish emas yang sedang berlangsung masih bertahan di tengah meningkatnya kekhawatiran pertumbuhan global dan inflasi, imbas perang Rusia-Ukraina yang berlarut-larut dan kebijakan nol Covid China.

Penurunan imbal hasil obligasi AS di seluruh kurva juga terlihat hanya sementara, karena investor mencoba menempatkan ulang posisi mereka menjelang data penting Indeks Harga Konsumen (CPI) AS untuk bulan April.

Inflasi tahunan konsumen AS diperkirakan di 8,1% di bulan April turun dari 8,5% yang dilaporkan pada Maret. Inflasi inti juga diperkirakan akan melemah, pada basis tahunan, menjadi 6%, meskipun terlihat sedikit meningkat menjadi 0,4% pada basis bulanan pada periode yang dilaporkan.

Tanda-tanda memuncak inflasi ekonomi AS kemungkinan akan meredam ekspektasi hawkish Fed, yang dapat menyelamatkan untuk kenaikan emas sembari memperpanjang penurunan korektif dolar. Di sisi lain, data inflasi AS yang lebih panas dari yang diperkirakan akan mendorong kenaikan suku bunga Fed yang agresif, mendukung kenaikan suku bunga 75 bps pada Juni dan emas akan kembali menjadi.

Pada hari Selasa, greenback menemukan dorongan baru atas komentar hawkish Presiden Fed Cleveland Lorretta Mester, yang mengatakan kenaikan suku bunga 75 bps pada bulan Juni tidak akan terjadi. Lebih lanjut, nada hati-hati pada indeks Wall Street dikombinasikan dengan kecemasan menjelang potensi yang diakibatkan dari data utama minggu ini, data inflasi AS, membuat investor mencari perlindungan pada dolar.

Harga Emas jatuh tajam pada hari Selasa untuk mencapai level terendah dalam tiga bulan di $1.836, mempercepat penurunan menyusul terobosan kuat dari penghalang psikologis $1.850.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.