Pasar Saham Jepang Tertahan Kehati-hatian Jelang Pemilu

0
78

Pasar saham Jepang berbalik arah dan ditutup dengan kenaikan ringan pada perdagangan sesi Jumat, karena optimisme seputar prospek perusahaan domestik meski tertahan kehati-hatian pasar menjelang pemilihan umum Jepang.

Indeks rata-rata saham Nikkei 225 naik tipis 0,25% ditutup pada level 28.892,69, setelah turun sebanyak 1,2% di awal sesi. Untuk minggu ini, indeks Nikkei naik tipis 0,3%. Indeks Topix yang lebih luas juga mengubah arah menjadi naik 0,08% ditutup di level 2.001,18.

Indeks Nikkei menutup sebagian besar penurunan awal setelah Denso, afiliasi dari Toyota Motor, laporkan pendapatan yang kuat selama sesi, kata pelaku pasar. Saham Denso naik 1,72%, sementara Toyota naik tipis 0,33%.

Saham Keyence melonjak 5,03% setelah pembuat peralatan aplikasi elektronik laporkan kenaikan laba bersih semester pertama sebesar 67%.

Sony Group mencatat kenaikan mengejutkan 1% dalam laba operasi untuk kuartal kedua. Saham Sony Goup naik 1,9%.

Perusahaan pelayaran melonjak 7,22% setelah perkiraan tahunan Mitsui OSK Lines mengalahkan ekspektasi analis.

Namun kenaikan pasar terbatas karena investor menahan diri untuk masuk posisi menjelang pemilihan umum yang akan diadakan pada akhir pekan, kata para pelaku pasar.

Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa di Jepang menghadapi perjuangan untuk mempertahankan satu-satunya mayoritas dalam pemilihan majelis rendah, jajak pendapat pada hari Jumat menunjukkan.

Panasonic turun 6,2% bahkan ketika mereka menaikkan prospek laba operasi setahun penuh sebesar 12%. Teknologi kelas berat Advantest turun 2,81% karena perkiraan tahunannya meleset dari konsensus.