PBB minta Iran jangan gunakan kekuatan tak perlu hadapi demonstran

Sekjen PBB Antonio Guterres pada Jumat (23/9) meminta pasukan keamanan Iran untuk tidak menggunakan “kekuatan yang tak perlu atau tak proporsional” menghadapi protes antipemerintah yang dipicu kematian seorang perempuan di penjara.

Juru bicara Stephane Dujarric mengatakan Sekjen juga mendesak semua pihak agar tidak terpancing demi menghindari eskalasi lebih lanjut.

“Kami khawatir dengan laporan protes damai yang dipenuhi kekuatan berlebihan yang menimbulkan puluhan korban tewas dan terluka,” kata Dujarric kepada awak media di New York.

“Kemudian kami meminta otoritas agar menghormati hak-hak kebebasan berekspresi, berkumpul dan berserikat secara damai.” Sekjen membahas masalah HAM dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi selama pertemuan antar keduanya pada Kamis di sela acara tahunan para pemimpin dunia di PBB.

Warga Iran murka dengan kasus Mahma Amini, 22, yang meninggal pekan lalu setelah ditangkap polisi moral karena mengenakan “pakaian yang tak pantas.” Sekjen menyerukan “penyelidikan cepat, netral dan efektif” oleh otoritas independen yang kompeten dalam kasus kematian Amini, kata Dujarric.

PBB juga meminta otoritas Iran agar menghormati hak-hak kaum perempuan dan menerapkan sejumlah langkah efektif untuk melindungi mereka dari pelanggaran HAM lainnya.

Unjuk rasa yang diorganisir pemerintah berlangsung di sejumlah kota di Iran pada Jumat sebagai aksi balasan terhadap kerusuhan antipemerintah.

Mereka meminta agar pengunjuk rasa yang dianggap “perusuh” dieksekusi.

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Share this post

Hubungi Kami

Pusat Edukasi

Pusat Berita

Headquarter

Foresta Business Loft 5 Unit 15
Jl. BSD Boulevard, Lengkong Kulon
Pagedangan Tangerang
Banten 15331

Contact Us

Phone: +62 21 222 32 200
Fax: +62 21 222 31 318
Email: [email protected]

Peringatan Resiko: Contracts for Difference(CFD) adalah produk keuangan yang complex yang ditransaksikan berupa margin. Trading CFD memiliki tingkat resiko yang tinggi dikarenakan leverage yang bekerja memberikan keuntungan ataupun kerugian sekaligus. Sebagai akibatnya, CFD mungkin saja tidak cocok dengan semua investor karena anda bisa kehilangan seluruh modal yang anda investasikan. Anda disarankan untuk tidak meresikokan dana lebih dari yang anda persiapkan untuk kerugian. Sebelum memutuskan untuk bertransaksi, anda harus memastkan bahwa anda mengerti resiko yang terdapat dalam akun untuk tujuan investasi dan tingkat pengalaman anda. Performa yang sudah ada di CFD tidak dapat dijadikan indikator andalan untuk hasil kedepan. Umumnya CFD tidak memiliki tanggal jatuh tempo. Oleh karena itu, jatuh tempo sebuah posisi CFD ditentukan oleh kapan anda ingin menutup posisi yang ada. Carilah pemandu pribadi, jika diperlukan. Mohon membaca dengan seksama JAVA ‘Pernyataan Pengungkapan Risiko’.