Pelosi dan Jenderal Pentagon Bahas Cara Mencegah Kemungkinan Aksi Militer Trump

Di tengah kekhawatiran yang berkembang tentang apa yang mungkin dilakukan oleh Presiden AS Donald Trump selama hari-hari terakhirnya menjabat, Ketua DPR Nancy Pelosi mengungkapkan pada hari Jumat (8/1) bahwa dia telah bertanya kepada Jenderal tertinggi Pentagon tentang langkah-langkah apa yang bisa diambil untuk mencegah presiden meluncurkan serangan senjata nuklir.

Kemungkinan aksi militer Trump itu, meski tampaknya kecil, mungkin akan menjadi bahan pertimbangan dalam upaya Pelosi dan beberapa pemimpin nasional lainnya untuk memecat Trump dari jabatannya, bahkan sebelum masa jabatannya berakhir pada 20 Januari nanti.

“Pagi ini, saya berbicara dengan Ketua Kepala Staf Gabungan (Jenderal) Mark Milley untuk membahas tindakan pencegahan yang ada untuk mencegah presiden yang tidak stabil memulai permusuhan militer atau mengakses kode peluncuran dan memerintahkan serangan nuklir,” tulis Pelosi dalam sebuah surat kepada rekan-rekannya dari Partai Demokrat di DPR.

Ketika diminta untuk mengkonfirmasi pembicaraan itu, juru bicara Jenderal Milley mengatakan kepada VOA, “Dia menjawab pertanyaannya mengenai proses otoritas kode nuklir.” Namun, juru bicara tersebut tidak merinci apa yang dikatakan dalam pembicaraan telepon itu.

Presiden AS memiliki kewenangan tunggal untuk memerintahkan peluncuran senjata nuklir dan tidak memerlukan persetujuan Kongres maupun penasihat militernya.

Tetapi jika seorang komandan militer AS memutuskan, atas nasihat para pengacaranya, bahwa perintah Presiden semacam itu ilegal, maka perintah itu dapat ditolak.

Para pemimpin Pentagon dulu dan sekarang juga mengatakan mereka tidak akan mematuhi perintah ilegal dari Presiden.

Latest Articles

Get the daily news in your inbox

Related Articles

Pfizer kurangi jatah pengiriman vaksin COVID-19 ke beberapa anggota EU

Pfizer Inc, perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, mengurangi kuota vaksin COVID-19 yang akan dikirimkan minggu ini ke beberapa negara anggota Uni Eropa (EU), kata...

Saat pelantikan, Biden pimpin peringatan kematian 400 ribu warga AS

Presiden AS terpilih Joe Biden pada Selasa memimpin peringatan nasional pada malam pelantikan untuk menghormati 400.000 orang Amerika yang telah meninggal karena COVID-19. Peringatan nasional...

Biden batasi perjalanan untuk Afrika Selatan, Eropa, Brazil

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menandatangani perintah pada hari Senin yang melarang sebagian besar warga negara non-AS yang baru-baru ini berada di Afrika...

Penjualan Ritel Inggris Tumbuh Lebih Lemah Dari Perkiraan, GBP Terpangkas

Penjualan ritel Inggris tumbuh lebih lambat dari yang diperkirakan pada bulan Desember, hal ini menandai akhir tahun yang buruk, sementara utang public naik ke...

Let us help you

Register for our free Webminar !

Tujuan utama dari layanan webinar ini adalah untuk membekali Anda dengan pengetahuan dan informasi agar dapat menjadi seorang trader pro.

Webinar ini diselenggarakan secara live dengan berbagai topik menarik, mulai dari tutorial platform trading, analisis teknikal, strategi dan robot trading, hingga update berita fundamental yang berdampak besar terhadap pergerakan market dunia.

Hubungi kami di : +6281 380 725 502