Peluang Trading EURUSD: Rabu, 3 April 2024

0
99

Tren EURUSD (Timeframe H1): Bullish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
EURUSD menguat ringan memanfaatkan melemahnya dolar AS di tengah ketidakpastian penurunan suku bunga oleh Federal Reserve yang diperkirakan mulai melakukan pelonggaran pada pertemuan Juni dan data inflasi Jerman memicu spekulasi penurunan suku bunga dan membebani Euro.

Outlook Fundamental:
EURUSD saat ini menguat ringan dan diperdagangkan di dekat level 1,0765 setelah rebound dari level terendah beberapa minggu di dekat 1,0720 pada hari ini. Indeks dolar AS yang lemah di bawah level 104,50 mendukung kenaikan pasangan mata uang EURUSD.

Data inflasi Jerman yang lebih lemah pada hari Selasa membebani Euro karena telah memicu spekulasi penurunan suku bunga dari Bank Sentral Eropa (ECB). Investor menunggu data inflasi Zona Euro untuk bulan Maret dan ISM Services PMI AS untuk mendapatkan dorongan baru.

Komentar dovish pejabat Federal Reserve (Fed) membebani Greenback dengan perkiraan tiga penurunan suku bunga tahun ini, tetapi mengesampingkan pertemuan kebijakan berikutnya pada bulan Mei. Investor memperkirakan pelonggaran pada pertemuan Juni.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar hari ini menunggu data inflasi Zona Euro untuk bulan Maret dan ISM Services PMI AS untuk mendapatkan dorongan baru.

Peluang Trading:
Data lowongan kerja AS yang kuat dirilis Selasa, yang menunjukkan kondisi pasar tenaga kerja yang kuat di tengah ketidakpastian penurunan suku bunga justru menghambat kenaikan dolar AS. Rilis data inflasi zona Euro yang menurun, dapat memicu penurunan suku bunga dan melemahkan euro. Data ekonomi AS, termasuk ADP Sektor Privat, indeks aktivitas Jasa AS yang kuat berpotensi menopang dolar AS.
Grafik pada timeframe H1 menunjukkan EURUSD rebound dari level bawah minggu ini di level 1.0724 yang disentuh kemarin. Dengan harga saat ini bergerak di sekitar Exponential Moving Average (EMA)100, dapat dijadikan indikasi kenaikan EURUSD untuk jangka menengah. Penembusan ke atas EMA100 dapat mengindikasikan tren kenaikan. Jika harga gagal menembus EMA100 dan kembali turun di bawah EMA50, kemungkinan tren melemah bisa kembali terjadi. Dengan Relative Strength Indeks sedikit di bawah garis area Overbought ada kemungkinan kerentanan pasangan ini kembali melemah. Tetap waspadai setiap potensi koreksi atas kenaikan saat ini.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.0782, target profit di level 1.0788 hingga 1.0791.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 1.0767, target profit di level 1.0760 hingga 1.0757.

Desclaimer:
Market Update ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Kondisi pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.