Peluang Trading Gold: Rabu, 3 April 2024

0
162

Tren Gold (Emas) Timeframe H1: Bullish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas berpotensi naik menuju level 2.300, didorong oleh ketegangan Timur Tengah dan data AS yang kuat di tengah penguatan yield obligasi dan dolar AS yang didorong oleh pidato pejabat Federal Reserve terkait ketidakpastian penurunan suku bunga dengan proyeksi tiga kali penurunan di 2024.

Outlook Fundamental:
Emas memperbarui level tertinggi sepanjang masa di 2.276 di penutupan perdagangan sesi Amerika, dan saat ini berada di sekitar level 2.282 atas ketegangan timur tengah menyusul serangan Israel terhadap kedutaan besar Iran di Suriah pada 1 April lalu.

Indeks dolar AS saat ini konsolidasi setelah penurunan kemarin di level 104.47, turun untuk hari kedua dalam tren kenaikan mingguan keempat ditopang oleh kenaikan yield obligasi AS yang bertahan di angka 4.39%, imbas ketidakpastian penurunan suku bunga Fed.

Laporan Biro Statistik Tenaga Kerja AS menunjukkan pasar tenaga kerja yang ketat, dengan lowongan pekerjaan di AS naik menjadi 8,76 juta dari data sebelumnya 8.75 juta lowongan kerja, sementara data Pesanan Pabrik Biro Sensus AS tumbuh signifikan 1.4% dari data sebelumnya -3.8%.

Fokus Pasar Hari Ini:
Para pelaku pasar akan fokus pada rilis data tenaga kerja sektor swasta AS, indeks aktivitas bisnis sektor jasa ISM dan pidato Jerome Powell yang akan memberikan pengaruh terhadap pergerakan pasar.

Peluang Trading:
Ketegangan Timur Tengah menyusul serangan udara Israel di kedutaan besar Iran di Suriah mendongkrak harga emas menuju level 2.300 di tengah ketidakpastian penurunan suku bunga Fed. Selanjutnya, jika data ekonomi AS hari ini menunjukkan stabilitas dan pidato Powell yang Hawkish, dolar dan yield obligasi AS berpotensi kembali melemah dan mendorong kenaikan emas.
Grafik pada timeframe H1 terlihat emas mempertahankan momentum kenaikannya melanjutkan kenaikan hari ketujuh. Harga bergerak relatif jauh di atas lintasan Exponential Moving Average (EMA) yang menunjukkan tren bullish emas saat ini, dengan Relative Strength Index yang bergerak sedikit di atas garis overbought, memperkuat tren emas jangka pendek dan menengah. Kenaikan lebih lanjut menembus level 2.290, berpotensi membawa emas lanjutkan kenaikan menuju level 2.300. tetap waspadai potensi koreksi jika harga gagal menembus level 2.290 dan berpotensi turun menuju level 2.270.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.292 dengan target profit di level 2.299 hingga 2.303. Kenaikan lebih lanjut, emas berpotensi bergerak menuju level 2.310.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 2.276 dengan target profit di level 2.270 hingga 2.266.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.