Peluang Trading Gold: Jumat, 22 Maret 2024

0
186

Tren Gold (Emas): Bearish Timeframe H1

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas kembali melemah menyusul beberapa aksi beli indeks dolar AS. Rebound indeks dolar AS lebih lanjut yang ditopang oleh kenaikan yield obligasi berpotensi semakin melemahkan harga emas di tengah kehati-hatian pasar menantikan pidato Ketua Fed Jerome Powell untuk peluang jangka pendek.

Outlook Fundamental:
Emas gagal memanfaatkan rebound semalam dari level bawah intraday di dekat level 2166.00, saat ini berada di sekitar level 2173.00, pasca rebound dolar AS atas optimisme pertumbuhan ekonomi AS.

Penilaian kembali para pelaku pasar kebijakan Federal Reserve (Fed) terbaru pada, memicu optimisme pertumbuhan ekonomi yang mendorong dolar AS naik ke sekitar level 103.86, meski yield obligasi AS 10 tahun turun di 4.24%.

Para pelaku pasar berhati-hati untuk masuk ke pasar sebelum mengonfirmasi bahwa harga emas telah mencapai puncaknya dalam waktu dekat menjelang pidato terjadwal Ketua the Fed, Jerome Powell, untuk mendapatkan dorongan baru.

Fokus Pasar Hari Ini
Tidak ada rilis data ekonomi utama AS lain yang akan memengaruhi pasar, para trader akan mengambil petunjuk dari pergerakan pasar obligasi dan sentimen menjelang pidato Ketua Fed Jerome Powell pada Jumat hari ini yang menjadi fokus utama pasar.

Peluang Trading:
Faktor fundamental cenderung melemahkan emas, menyusul penilaian pasar terhadap kebijakan terbaru Fed yang dianggap tidak terlalu ketat, memicu optimisme terhadap pertumbuhan ekonomi AS dan mendorong kenaikan yield obligasi dan indeks dolar. Pidato Powell juga berpotensi mendorong kelanjutan penurunan emas, jika ketua Fed itu memberikan sentimen Hawkish dalam pidato nya hari ini.
Secara teknikal, grafik pada timeframe H1 menunjukkan emas kembali menghadapi tekanan menyusul rebound dolar AS yang diikuti dengan harga yang saat ini sedikit di atas Exponential Moving Average (EMA)100 tapi di bawah EMA50 yang menggambarkan tren harga emas saat ini. Relative Strength Index yang berada di area Overbought, menunjukkan tekanan momentum pada emas saat ini. Tapi, tetap waspadai kemungkinan rebound ringan dari penurunan dua hari ini yang berpotensi membawa emas rebound retracement. Penurunan lebih lanjut menembus ke bawah EMA200 berpotensi membawa emas turun menuju level 2.150.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 2.168 dengan target profit di level 2.160 hingga 2.158.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 2.280 dengan target profit di level 2.284 hingga 2.286.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.