Peluang Trading USDJPY: Jumat, 22 Maret 2024

0
122
USD Yen Dny

Tren USDJPY Timeframe H1: Bullish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
USDJPY berpotensi lanjutkan kenaikan, ketidakpastian kebijakan BoJ melemahkan yen jepang yang sempat menguat setelah rilis data inflasi konsumen Jepang yang mencatat kenaikan di tengah penguatan kembali dolar AS yang sempat tertekan hasil pertemuan kebijakan Federal Reserve (Fed).

Outlook Fundamental:
USDJPY lanjutkan kenaikan, saat ini diperdagangkan di level 151.76 setelah yen Jepang sempat menguat pasca data inflasi konsumen Jepang naik menjadi 2.8% dari angka sebelumnya di 2.0% di tengah belum ada kepastian kebijakan Bank of Japan (BoJ) selanjutnya.

Pada awal minggu ini, bank sentral mengatakan kondisi keuangan tetap akomodatif tanpa memberi petunjuk apa pun mengenai laju normalisasi kebijakan.

Kesepakatan kenaikan upah Jepang dapat mendorong inflasi dan mendukung prospek pengetatan BoJ. Hal ini dapat membantu penguatan yen Jepang di tengah spekulasi intervensi otoritas Jepang.

Sementara itu, indeks dolar AS yang melanjutkan kenaikan untuk hari kesembilan berturut-turut, dan saat ini berada di sekitar level 151.60, menjadi faktor yang mendorong kenaikan pasangan USDJPY.

Para investor tampaknya telah mencerna proyeksi kebijakan Federal Reserve (Fed) yang tidak terlalu ketat pada hari Rabu, sehingga membuat yield obligasi AS stabil dan mendukung kenaikan dolar AS.

Fokus Pasar Hari Ini
Pidato Ketua Fed Jerome Powell pada Jumat hari ini akan menjadi fokus utama pasar karena tidak ada rilis data ekonomi utama AS lainnya yang akan memengaruhi pasar, dan para trader akan mengambil petunjuk lainnya dari pergerakan pasar obligasi dan sentimen.

Peluang Trading:
USDJPY berpotensi lanjutkan kenaikan atas menguatnya dolar AS pasca the Fed mempertahankan suku bunga yang dinilai oleh pelaku pasar relatif Dovish, menopang yield obligasi AS 10 tahun untuk stabil dan menopang kenaikan dolar AS.
Secara teknikal, grafik pada timeframe H1 menunjukkan USDJPY berpotensi lanjutkan kenaikan menuju level 152.00 setelah berhasil rebound dan menyentuh level puncak intraday di level 151.83. Harga saat ini berada di atas Moving Average (EMA), diikuti dengan Relative Strength Index yang masih bertahan di atas garis tengah, meski bergerak tidak stabil. Jika harga kembali turun yang diikuti dengan penurunan RSI menembus ke bawah garis tengah, berpotensi membawa USDJPY kembali menuju Pivot di level 151.21. Tetap pantau potensi kenaikan lebih lanjut, yang akan membawa USDJPY menuju level 151.90-152.00.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 151.74 dengan target profit di level 151.83 – 151.90.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 151.41 dengan target profit di level 151.32 – 151.25.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.