Peluang Trading Gold: Kamis, 15 Februari 2024

0
116
Harga Emas

Tren Gold (Emas) Timeframe H1: Bearish

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas melanjutkan konsolidasi perdagangan kemarin dan cenderung melemah di tengah yield obligasi dan dolar AS mempertahankan kenaikan meski mengalami penurunan ringan. Meningkatnya ketegangan geopolitik di Timur Tengah dapat menahan penurunan emas lebih lanjut.

Outlook:
Emas masih tertahan di bawah level psikologis 2.000 dan saat ini diperdagangkan di sekitar level 1.990. Namun yield obligasi AS dan dolar AS yang melemah ringan dapat menahan penurunan emas.

Indeks dolar AS turun dari level tertinggi tiga bulan di level 105,00 dan saat berada di level 104,60. Yield obligasi AS 10 tahun yang turun dari 4.30% yang dicapai kemarin, dan saat ini berada di 4,25%.

Data inflasi AS yang kuat memperkuat kehati-hatian Federal Reserve (Fed) untuk penurunan suku bunga di 2024. Kondisi ini mendukung kenaikan yield obligasi AS yang juga mendorong penguatan dolar AS.

Pasar membatalkan proyeksi sebelumnya bahwa the Fed akan mulai menurunkan suku bunga pada bulan Mei, menjadi pada bulan Juni dengan proyeksi peluang hampir 80%.

Ketegangan geopolitik yang masih berlangsung di Timur Tengah masih menopang harga emas, setelah Israel melancarkan serangan udara yang ekstensif di Lebanon selatan pada hari Rabu.

Fokus Pasar Hari Ini
Investor hari ini akan fokus pada rilis data Penjualan Ritel AS bulan Januari, Indeks Manufaktur Philly Fed AS, Produksi Industri, Klaim Pengangguran, dan pidato pejabat FOMC, yang dapat memberikan arah pasar.

Peluang Trading:
Kenaikan inflasi AS mendorong the Fed semakin berhati-hati dalam menentukan kebijakan suku bunga, dan hal ini mendorong yield obligasi dan dolar AS mempertahankan kenaikannya. Meski faktor fundamental masih melemahkan emas, namun, melemahnya pasar obligasi dan dolar AS hari ini berpotensi membantu koreksi penurunan emas saat ini.
Pada timeframe H1 menunjukkan emas saat in masih berada di bawah level psikologis dan jauh di bawah Exponential Moving Average (EMA) yang masih bergerak turun dan diikuti dengan Relative Strength Index (RSI)14 masih tertahan di bawah garis tengah. Penurunan harga lebih lanjut akan membawa emas turun menuju level support terdekatnya di level 1.985. Namun, jika cukup kuat untuk rebound dan menembus level Resistance terdekat saat ini di level 1.997, emas berpotensi naik ke level 2.010.
Peluang SELL dapat dipertimbangkan di level 1.987 dengan target profit di level 1.981 hingga 1.978.
Peluang BUY dapat dipertimbangkan di level 1.998, jika kuat menembus level psikologis, dengan target profit di level 2.002 hingga 2.004.
Namun, tetap perlu kehati-hatian untuk masuk posisi sebelum adanya petunjuk arah yang jelas.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.