Peluang Trading Gold: Kamis, 9 Mei 2024

0
160
Gold masih dalam bias bullish

Tren Gold (Emas): Bearish (Timeframe H1)

Faktor Penggerak Dan Pengaruh Terhadap Pasar:
Emas konsolidasi di atas level 2300 di tengah menguatnya yield obligasi dan dolar AS, serta fokus pasar pada rilis data ekonomi AS dan pidato pejabat Fed hari ini. Peningkatan cadangan Emas oleh bank sentral China dapat menagan penurunan harga emas lebih lanjut di tengah ketidakpastian ekonomi global.

Outlook:
Emas konsolidasi di atas level 2300 dan diperdagangkan di sekitar level 2312/2307 mempertahankan momentum kenaikan ringan di pekan ini atas kembali menguatnya yield Obligasi dan dolar AS.

Indeks dolar AS saat ini berada di sekitar level 105.39 melanjutkan kenaikan di pekan ini mengikuti pulihnya pasar obligasi AS yang sempat turun di awal pekan, dengan yield obligasi AS 10 tahun di 4.50%.

Sepanjang pekan ini, pasar masih fokus pada pidato pejabat Federal Reserve (Fed) yang masih berhati-hati dan menghindari risiko atas penurunan suku bunga yang terlalu cepat.

Lemahnya data tenaga kerja AS terbaru, kembali memicu kekhawatiran bahwa ekonomi akan terbebani dan mendorong ekspektasi penurunan suku bunga yang lebih cepat dari perkiraan.

Peningkatan cadangan Emas oleh bank sentral China dapat memberikan dampak positif terhadap harga Emas, namun efeknya tidak langsung dan kompleks.

Fokus Pasar Hari Ini:
Pelaku pasar saat ini fokus pada data ekonomi AS mendatang: klaim pengangguran, Indeks Sentimen Konsumen University of Michigan (UoM), dan pidato pejabat Fed.

Peluang Trading:
Secara fundamental, Investor akan mengambil lebih banyak petunjuk dari pernyataan pidato anggota FOMC hari ini di tengah spekulasi potensi penurunan suku bunga imbas data NFP dan tingkat pengangguran AS yang lema, sehingga para investor masih sangat berhati-hati.
Grafik timeframe H1, terlihat emas konsolidasi setelah turun dari puncak mingguan yang disentuh pada awal pekan ini. Harga saat ini tidak jauh di bawah ketiga Moving Average (MA) yang bergerak datar dan cukup dekat, dengan irisan MA50 dan 100 menunjukkan pergerakan sideway emas. Relative Strength Index (RSI) yang bergerak naik namun tertahan di bawah garis tengah menunjukkan bias Bearish dan emas berpotensi melanjutkan penurunannya. Penurunan kembali harga ke bawah level Pivot di 2311 dan menembus ke bawah level 2310, berpotensi membawa emas turun menuju level 2300. Sebaliknya, kenaikan kembali harga ke atas MA50 dan MA100 berpotensi membawa emas naik menuju level di 2320.
Pertimbangan SELL di level 2305.54, target profit di 2300.86/2298.23.
Pertimbangan BUY di level 2314.05, target profit di 2318.16/2320.88.

Desclaimer:
Market Outlook ini hanya gambaran kondisi pasar saat ini. Pergerakan pasar yang dinamis dapat mempengaruhi pergerakan harga yang bergerak berlawanan. Hati-hati pergerakan pasar yang cepat.